WTP, Batola Raih Penghargaan Menkeu

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Kamis (04/10) siang, menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel, Usdek Rahyono.

Kehadiran Usdek Rahyono beserta dua stafnya Arief Rokhman (Kasi PPA IIB Bidang PPA II) dan Viera Martina Rachmawati (Kasi PSAPD Bidang PAPK) dalam rangka audensi sekaligus menyerahkan piagam penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Piagam WTP yang diserahkan melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel ini sesuai amanah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rapat Koordinasi Akuntansi di Hotel Treepark, Banjarmasin, Rabu (11/10/2017) lalu.

Selain piagam WTP, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel Usdek Rahyono juga menyerahkan buku Kisah Sukses Dana Desa : Lilin-lilin Cahaya di Ufuk Fajar Nusantara. Batola menerima piagam penghargaan Opini WTP dari Pemerintah RI atas laporan keuangan tahun 2017.

Saat melakukan audensi dengan Bupati Batola Hj Noormiliyani dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel, Usdek Rahyono menjelaskan, pemerintah memberi apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang berhasil menyusun dan menyajikan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) dengan capaian standar opini WTP.

Usdek menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas keberhasilan Batola menyusun dan menyajikan LKPD dengan capaian standar tertinggi. Pihaknya pun berharap capaian ini dapat terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi kualitasnya.

Pada bagian lain Usdek menyebut, perolehan opini WTP atas LKPD tak selalu bermakna bebas korupsi. Karena opini audit tersebut tidak didesain untuk mengukur ada tidaknya tindakan korupsi.

“Ancaman terjadinya korupsi masih tetap ada. Untuk mewujudkan good governance dan clean government diperlukan partisipasi semua pihak baik dari dalam pemerintahan maupun masyarakat luas untuk mengawal dan mengawasi seluruh rangkaian proses pengelolaan keuangan negara,” ucapnya dalam suatu kesempatan.

Seperti diketahui pada Mei 2018 lalu, Batola berhasil meraih Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Kalsel. Raihan ini menjadikan Bumi Ije Jela tiga tahun berturut-turut mendapatkan predikat bergengsi.

Pencapaian prestasi Bupati Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor ini mengulang sukses dua tahun berturut-turut saat Batola dipimpin sang suami H Hasanuddin Murad bersama wakilnya H Ma’mun Kaderi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.