Perpustakaan ‘Jantungnya’ Pendidikan

Perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan, karena berbagai macam informasi bisa didapatkan di perpustakaan.

Demikian diutarakan Bupati Barito Kuala (Batola) melalui Asisten Bidang Pembangunan, M Anthony SSos MIP saat membuka Sosialisasi Perpustakaan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Batola, Selasa (10/10).

Pada sosialisasi yang berlangsung di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola ini, bupati juga  menerangkan tentang awal mula keberadaan perpustakaan. Menurutnya, awalnya perpustakaan merupakan kumpulan dari buku-buku. Tetapi dalam perkembangnya istilah perpustakaan berangsur berubah mengingat buku lambat laun semakin bertambah sehingga berkembang menjadi gedung atau ruangan penyimpanan buku terbitan lain dengan tata urutan tertentu.

Saat ini, lanjut dia, seiring perkembangan teknologi maka koleksi perpustakaan tidak lagi terbatas pada buku namun juga meliputi koleksi audio visual. Keberadaan perpustaan berfungsi untuk meleliharaa dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar.

Bupati mengatakan, perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar.

Pada sosialisasi perpustakaan yang melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, para pimpinan organisasi wanita dan pengelola perpustakaan ini, bupati mengimbau, agar seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dengan sering-sering membaca berbagai jenis buku.

Mengingat, lanjut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, seseorang yang suka membaca akan memiliki keunggulan dengan bertambahnya wawasan, pemikiran di bidang apa saja.

“Manfaatkan kesempatan idup ini dengan menggali ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya  dengan belajar dan sering-sering membaca,” katanya.

Di sela Sosialisasi Perpustakaan ini Dispersip memberikan tali asih kepada perwakilan pengunjung yang aktif mengunjungi Perpustakaan Batola. Tali asih tersebut diserahkan melalui Asisten Bidang Pembangunan M Anthony.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.