Bupati Canangkan Kampung Keluarga Berencana

Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) terus berlanjut. Tahun 20017 ini pencanangannya dipusatkan di Desa Samuda Kecamatan Belawang, Rabu (30/08).

Bupati Batola H Hasanuddin Murad mencanangkan ditandai penandatanganan prasasti bagi setiap desa yang terpilih. Desa-desa umumnya berada di Daerah Aliran Sungai (DAS). Dan pada tahun 2017 ini terdapat 16 desa di 16 kecamatan yang terpilih sebagai Kampung KB.

Desa-desa itu yakni Desa Jejangkit Muara, Sungai Rasau, Pantang Baru, Babat Raya, Antasan Segera, Panca Karya, Tinggiran Baru, Tabunganen Kecil, Jambu, Damsari, Sinar Baru, Sungai Kali, Mentaren, Antar Jaya, dan  Samuda.

Pencanangan Kampung KB yang juga dihadiri Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, Ketua TP-PKK yang juga Bupati Terpilih Batola periode 2017-2022 Hj Noormiliyani AS Hasanuddin Murad, Ketua GOW Hj Fauliah Ma’mun Kaderi, Ketua DWP Hj Sri Wahyuningsih Supriyono, Perwalilan BKKBN Provinsi Kalsel, para pimpinan SKPD, dan para camat beserta isteri itu juga ditandai pemukulan gong.

Saat tiba rombongan diterima dengan tarian rebana serta disambut para pelajar TK, SD, SLTP, dan SLTA serta dilakukan pengalungan bunga melati kepada bupati dan isteri. Rombongan juga mendapat suguhan tarian dari pelajar SMA 1 Belawang.

Bupati Hasanuddin Murad sangat mengapresiasi atas dicanangkannya Kampung KB ini. Ia mengatakan, tujuan pencanangan di samping untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mewujudkan keluarga kecil berkualitas juga sebagai upaya lebih mendekatkan peran pemerintah melalui berbagai program kegiatan berkenaan kependudukan, KB, pembangunan keluarga maupun bidang lainnya yang terkait, seperti sarana prasarana baik infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan lainnya secara terpadu berkelanjutan.

Mantan anggota DPR-RI itu berharap, dengan ditetapkannya Desa Samuda sebagai Kampung KB selain mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah juga semakin memacu masyarakat untuk ikut berperan dan berpartisipasi secara aktif dalam mendukung tercapainya seluruh tujuan pembangunan baik yang dilaksanakan Pemerintah Pusat, Provinsi Kalsel, maupun Pemkab Batola.

Sebelumnya, Kadis Keluarga Berencana Pengendalian Penduduk Perempuan dan Anak (KBP3A), Syarkawi HAM mengatakan, dicanangkannya Kampung KB ini sesuai instruksi Kepala BKKBN Pusat yang menyatakan, agar setiap kecamatan dibentuk satu Kampung KB.

Sementara menyangkut dipilihnya Desa Samuda sebagai pusat pencanangan tahun 2017, katanya, karena ada beberapa kriteria yang terpenuhi seperti terdapatnya keluarga prasejahtera dan sejahtera 1 sebesar 34 persen dari jumlah penduduk setempat, berada di wilayah DAS, penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang masing rendah (0,617 persen), serta tingkat Unmet Need masih cukup tinggi yakni 61,77 persen.

Selain itu partisipasi keluarga dalam program pembinaan ketahanan keluarga masih rendah, partisipasi keluarga dalam program peningkatan ekonomi keluarga juga masih rendah, di samping partisipasi remaja dalam kegiatan generasi berencana melalui pusat informasi dan konsling juga masih rendah.

Usai pencanangan, Bupati Hasanuddin Murad dan rombongan juga berkesempatan meninjau pembangunan rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pusat. Tahun 2017 ini di Kecamatan Belawang mendapat bantuan pembangunan rumah 293 unit. Khusus di Desa Samuda terdapat 47 unit, sisanya tersebar di desa Belawang, Parimata, Binaan Baru, Rangga Surya, Suka Ramai, dan Patisalira.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.