Berapa sih Gaji Jaksa?

Pertanyaan polos ini dilontarkan salah satu siswa SMPN 2 Marabahan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Kuala (Batola) saat melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba (narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang dan bahaya adiktif lainnya), belum lama ini.

Selain program Jaksa Masuk Desa (JMD) sekarang ini pihak Kejari Batola sedang menggalakan kegiatan Jaksa Masuk Selolah (JMS). Kegiatannya selain memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba juga melaksanakan sosialisasi tentang masalah hukum agar para generasi penerus tidak terjerumus kepada perkara yang bisa menghambat kecemerlangan cita-cita masa depan.

Sasarannya selain para siswa siswi SD, SMP, dan SMA sederajat juga dilakukan kepada peserta perguruan tinggi di Kabupaten Batola. Apalagi perkara paling menonjol yang dilakukan penuntutan pihak Kejari Batola adalah perkara obat terlarang yang tengah ngetren seperti zenith, shabu-shabu, dan lainnya.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Batola, Sudarto SH, menerangkan kegiatan JMS rutin dilaksanakan hampir setiap minggu sekali dengan metode penyampaian yang berbeda-beda seperti ceramah, diskusi. Bahkan sesekali setiap jaksa akan menjadi pembina upacara di tiap sekolah pada hari senin.

Baru-baru ini, papar Sudarto, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi di SMPN 2 Marabahan. Di bawah arahan Kepala Sekolahnya Drs H Abdul Hadi MM, para siswa siswi kelas VIII dan IX antusis mengikuti kegiatan.

Melalui diskusi yang dilaksanakan ternyata suasana menjadi hidup. Para siswa siswi tanpa sungkan melontarkan pertanyaan. Mulai dari apakah jaksa itu hanya laki-laki, alamat kantor Kejari Batola, sampai kepada besaran gaji jaksa.

Segala bentuk pertanyaan mulai dari yang kritis hingga menggelitik itu tetap dijawab Tim JMS Kejari Batola.

Sudarto menerangkan, selain di SMPN 2 Marabahan, pihaknya juga melakukan kunjungan di MAN 1 Marabahan, selanjutnya di SDN Ulu Benteng 2 Marabahan, serta sekolah lainnya di Kabupaten Batola.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.