Tunjang Percepatan Pembangunan

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola), melalui Bappelitbang bersama instansi terkait mulai berkeliling kecamatan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Tahun 2017. Senin (06/03), kecamatan yang mendapat giliran melaksanakan Musrenbangcam adalah Anjir Pasar, Kuripan, dan Barambai. Di Kecamatan Kuripan, pejabat yang hadir adalah Kepala Bappelitbang Batola Achmad Kusnandar, anggota DPRD Batola asal pemilihan Kuripan Basrin, dan sejumlah dinas terkait.

Musrenbang yang dihadiri Camat Kuripan Hamdi, forkopincam, kades, dan berbagai lapisan masyarakat setempat ini membahas segala program dan kegiatan yang diusulkan masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Kuripan.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbang Batola Achmad Kusnandar saat membacakan sambutan Bupati Batola H Hasanuddin Murad mengatakan, musrenbang penting dan wajib dilakukan dalam menyerap dan menampung berbagai aspirasi, harapan dan keinginan yang benar-benar tuntutan kebutuhan dan sangat mendesak serta memiliki nilai manfaat yang sangat luas bagi kepentingan masyarakat.

Secara umum, kata dia, musrenbang memberi efek positif dalam menunjang pencapaian percepatan peningkatan pembangunan untuk kemudian diusulkan menjadi bagian dari prioritas pembangunan Batola.

Usulan-usulan yang dikemukakan melalui musrenbangcam nantinya akan diseleksi dan diprioritaskan ke dalam perencanaan pembangunan Batola secara keseluruhan, baik untuk pembangunan daerah dalam satu tahun anggaran berjalan, maupun ke dalam rencana pembangunan jangka menengah dan rencana pembangunan jangka panjang Batola.

Pada bagian lain Bupati Hasanuddin Murad mengatakan, tahun 2017 merupakan tahun penyempurnaan visi dan misi Pemkab Batola sekaligus tahun terakhir masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi.

Karenanya dalam kesempatan ini bupati selain menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan juga senantiasa mengharapkan kepercayaan dan dukungan serta partisipasi seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan peranan masing-masing dalam mewujudkan percepatan kemajuan pembangunan daerah, khususunya di Kecamatan Kuripan.

Di kesempatan musrenbangcam ini bupati juga menyinggung dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Mengingat sejak tahun 2014 setiap desa telah diberikan kewenangan secara mandiri melakukan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan DD dan ADD.

Bupati berharap, melalui musrenbangcam dapat saling mensinergikan berbagai program dan kegiatan yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat secara umum dengan rencana yang akan disusun pemerintah kabupaten (pemkab). Sehingga tercipta keselarasan yang saling mendukung antara program dan kegiatan kecamatan atau desa dengan program kegiatan pemkab.

Dengan demikian diharapkan hasil akhirnya program kegiatan yang dilaksanakan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan hidup seluruh masyarakat di masing-masing kecamatan atau desa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.