Kedudukan Perempuan Setara dengan Laki-laki

Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara dalam mencapai tujuan negara serta memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan.

Demikian dikatakan Bupati Barito Kuala (Botala) Hj Noormiliyani AS dalam sambutan tertulis Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise pada Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 tingkat Kabupaten Batola, Kamis (28/12).

Pada peringatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Batola itu, Noormiliyani juga perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama sebagai sumberdaya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030.
Atas dasar itulah, Peringatan Hari Ibu ke-89 ini mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” karena didasari kekerasan terhadap perempuan dan anak sedang dalam tahap darurat.

“Kami berkeyakinan dengan bekerjasama, bergotong royong, saling membantu, bahu membahu kita dapat melakukan sesuatu dan mencapai hasil yang lebih baik. Kita mempunyai keinginan dan kemauan yang kuat untuk sendiri maupun bersama-sama menghindari, tidak melakukan, dan menghentikan semua bentuk kekerasan dalam ranah pubik maupun domestik dalam rumah tangga,” kata menteri.

Menteri juga menyampaikan, pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya, serta berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah-masalah sosial seperti seperti kekerasan termasuk tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pornografi, infeksi dan lainnya, sebut menteri, disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga.

Oleh karena itu, peran keluarga dituntut lebih diperkuat, dibarengi dengan penanaman nilai-nilai kekeluargaan yang apabila dicermati, telah diwariskan oleh para leluhur sejak dahulu kala.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.