Program Inovasi Desa jadi Ajang Unjuk Kreatif

Bekerjasama dengan pihak Provinsi Kalsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Bursa Inovasi Desa (BIM), Kamis (28/12).

Kegiatan yang dibuka Bupati Batola Hj Noormiliyani AS di Aula Dinas PMD Batola ini menjadi ajang unjuk kreatifitas inovasi desa dalam penggunaan dana desa di Batola.

Kegiatan-kegiatan yang dipamerkan dalam BIM terutama yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa bukan saja bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Kadis PMD Batola, Dahlan, mengatakan, digelarnya kegiatan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Bupati Batola Hj Noormiliyani saat membuka kegiatan mengharapkan para peserta dapat menjadikan Program Inovasi Desa ini sebagai bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman serta saling memacu dan memotivasi masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan tercapainya peningkatan kinerja penyelenggaraan kegiatan dan program pemerintahan serta pembangunan desa, memaksimalkan pemanfaatan segenap potensi yang ada guna kemajuan pembangunan di desanya masing-masing.

“Dengan berkumpulnya sejumlah desa dalam kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi pokok terkait program inovasi desa secara umum maupun program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus serta menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa,” harapnya.

Di samping itu, isteri mantan Bupati H Hasanuddin Murad itu berharap, kegiatan juga dapat bermanfaat untuk memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang dalam menyelesaikan masalah dan kegiatan pembangunan, membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan, membangun komitmen replikasi, menjaring inovasi yang belum terdokumentasi, serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis (PJLT).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.