Bersepeda Bersihkan Sampah dan Menanam

Hari Bumi Internasional (Earth Day) telah berlangsung, Minggu (22/04) lalu. Beragam kegiatan dilakukan berbagai kalangan menghiasi Earth Day 2018. Di Kabupaten Barito Kuala (Batola) Earth Day dengan kegiatan bersepeda sambil membersihkan sampah dan menanam pohon (go green, green tranportation, green waste).

Kegiatan juga diikuti para pimpinan SKPD

Kegiatan yang berlangsung, Jumat (27/04), ini dipelopori Forum Komunitas Hijau (FKH) Ijejela Bahalap diikuti Saka Kalpataru, Pelajar Peduli Lingkungan, para pelajar SMAN 1 dan SMPN 1 Marabahan.

Kegiatan yang dilepas Asisten Bidang Pembangunan, M Anthony, dari halaman Kantor Bupati Batola juga diikuti Ketua TP-PKK Batola, Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, para pimpinan SKPD, dan para ASN. Sebelum dilepas, terlebih dahulu mereka bersama-sama melaksanakan senam di halaman Kantor Bupati Batola.

Setelah itu, mereka sambil menggois sepeda menyusuri kawasan jalan Jenderal Sudirman menuju Kantor DPRD baru yang berada komplek perkantoran untuk menanam pohon trembesi yang disiapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Di tengah perjalanan para peserta memungut segala jenis sampah yang dijumpai serta memasukannya ke dalam kantong plastik yang telah dibagikan dan selanjutnya memasukan ke dalam truk yang sengaja mengikuti.

Saraswati memungut sampah

Ketua TP-PKK Saraswati yang tergabung dalam FKH Ijejela Bahalap ini terlihat beberapa kali turun dari sepeda hanya untuk memungut sampah yang dijumpainya di perjalanan. Isteri Wakil Bupati Batola Hj Rahmadian Noor ini nampak sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Asisten Bidang Pembangunan, M Anthony, sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan FKH Ijejela Bahalap beserta komunitas dan pelajar ini. Ia menilai kegiatan yang murni digagas masyarakat ini sangat positif dalam mendorong pelestarian lingkungan.

Karenanya, menurutnya, langkah yang dilakukan para komunitas peduli lingkungan ini patut diapresiasi dan mendapat dukungan. “Setidaknya dengan adanya kegiatan ini telah menunjukan tumbuhnya kesadaran dalam memelihara kelestarian bumi dan lingkungan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batola, Hj Fahriana, berterima kasih atas aksi bersih-bersih dan penanaman pohon yang lantaran kegiatan yang dilaksanakan sangat seiring dengan program yang mereka terapkan.

Karena itu, dalam mendukung aksi tersebut, katanya, DLH Batola telah menyediakan ratusan bibit pohon trembesi untuk penghijauan kawasan Komplek Perkantoran Jalan Jenderal Sudirman Marabahan, khususnya depan Kantor DPRD Batola yang baru.

“Penanaman pohon ini sangat bermanfaat dalam memelihara bumi dari pemanasan global serta memberi motivasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian bumi,” tukasnya.

Kegiatan juga diisi penanaman pohon

Terpisah, Ketua FKH Ijejela Bahalap, Hasbian Noor, menerangkan kegiatan bersepeda sambil melakukan kebersihan dan menanam pohon ini terutama bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menurunkan ketergantungan bertransportasi dengan kendaraan bermotor.

Dengan menurunkan ketergantungan transportasi kendaraan bermotor tersebut, lanjutnya, diharapkan masyarakat dapat menyayangi bumi melalui pengurangan gas emisi dan menjaganya agar tetap bersih serta menanaminya dengan pohon penghijauan. “Semoga melalui ini mampu memberikan pelopor agar masyarakat turut serta peduli terhadap kelestarian lingkungan dan bumi,” paparnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.