Berprestasi, Puskesmas Marabahan dan Tenaga Kesehatannya dinilai Tim

Dinas Kesehatan Barito Kuala (Batola) kembali menggelar penilaian puskesmas berprestasi. Tahun 2017 ini terdapat 3 dari 6 usulan puskesmas yang dinilai tim dan memenuhi kriteria, masing-masing Puskesmas Marabahan, Mekarsari, dan Anjir Muara.

Selain puskesmas, tenaga kesehatan teladan dengan berbagai kategori profesi di tiga puskesmas ini seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, dan tenaga farmasi juga dinilai.

Dari penilaian yang dilakukan akan diambil satu yang terbaik mewakili Batola pada penilaian Puskesmas Berprestasi dan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi Kalsel nantinya.

Jumat (17/03), tim yang terdiri dari pihak Dinas Kesehatan, Setda, dan masing-masing ketua profesi melakukan penilaian di Puskesmas Marabahan. Puskesmas ini dinilai layak dilakukan penilaiaan karena satu-satunya yang berakreditasi madya di Batola serta melaksanakan kegiatan yang memenuhi kriteria.

Sekretaris Dinas Kesehatan Batola H Asy’ari SKM MS menerangkan, kegiatan penilaian dilaksanakan sebagai salah satu upaya memotivasi sekaligus melakukan pembinaan sehingga kinerja dan pemberian pelayanan kesehatan dapat meningkat. “Tujuan umum dilaksanakannya kegiatan ini untuk memacu kinerja tenaga kesehatan di puskesmas agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Kepala Puskesmas Marabahan, Alfitri SP MPH menyatakan kesiapannya dalam menghadapi penilaian tim. Mengingat kegiatan dan pelayanan yang dilaksanakan selama ini dirasakannya cukup memenuhi kriteria.

“Nanti kita akan tampilkan profil dan beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti siaran radio dan pelayanan haji,” katanya sembari menambahkan, untuk kesehatan lingkungan juga ditampilkan kegiatan sanitasi sepanjang Sungai Barito dalam mengatasi MCK.

Seperti diketahui, setiap tahun pihak dinkes melaksanakan penilaian atas puskesmas berprestasi dan tenaga kesehatan teladan mulai tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Bagi juara I akan diundang mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara. Pelaksanaan ini berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan Tahun 2005 No: 658/Menkes/SK/2005.

Untuk penilaian puskesmas berprestasi diambil dari berbagai aspek mulai cakupan program, kinerja puskesmas, disiplin pegawai, kegiatan inovatif puskesmas, dan lainnya. Sedangkan tenaga kesehatan teladan seleksi dilakukan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional terhadap prestasi, dedikasi tinggi, disiplin, jujur, loyalitas, serta berprilaku baik kepada masyarakat maupun pemerintah, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan dan kepedulian terhadap pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Sedangkan jenis tenaga kesehatan teladan yang berhak mendapatkan penilaian adalah tenaga medis (dokter atau dokter gigi), tenaga keperawatan (perawat atau bidan), tenaga kesehatan masyarakat (sanitarian, epidemiologi kesehatan, entomolog kesehatan, penyuluh kesehatan, asisten apoteker atau analis laboratorium), dan tenaga gizi (nutrisionis atau dietetik).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.