Gatriwara Diharapkan jalankan Program Bermanfaat

Gatriwara diharapkan tak hanya menjadi wadah silaturahmi dan berkumpul bagi para isteri wakil rakyat namun juga memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat.

Harapan ini disampaikan Ketua DPRD Barito Kuala (Batola), Drs H Hikmatullah, pada kegiatan Ramah Tamah dan Silaturahmi Gabungan Isteri Wakil Rakyat (Gatriwara) se-Kalsel di Aula DPRD Batola, Sabtu (18/03). Hikmatullah yang merupakan pembina Gatriwara Batola menghendaki Gatriwara memiliki program dalam melaksanakan roda organisasi agar keberadaannya memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Karenanya, dalam menunjang upaya tersebut, Hikmatullah merencanakan untuk mengusulkan alokasi anggaran bagi kegiatan organisasi para isteri anggota DPRD tersebut.

Ketua Gatriwara Kalsel, Hj Rita Hamsyuri menilai, kegiatan Ramah Tamah dan Silaturahmi Gatriwara ini memberi banyak manfaat selain untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan juga bisa manfaatkan sebagai sarana tukar pendapat dan pengalaman dalam memajukan roda organisasi.

“Organisasi ini dirasakan sangat bermanfaat dalam mendukung langkah-langkah anggota dewan dalam menjalankan roda legislatif, karena anggota DPRD memiliki beban dan tanggungjawab mengembangkan kehidupan demokrasi dan menjamin keterwakilan rakyat,” katanya.

Rita mengatakan, anggota dewan mempunyai tanggungjawab meningkatkan kualitas dan produktifitas kinerja, serta mengembangkan hubungan dan mekanisme mengecek dan menyeimbangkan antara DPRD dengan eksekutif demi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu peranserta istri anggota dewan sangat penting dalam memberi motivasi menjalankan tugas suami. “Selama ini peran Gatriwara cenderung hanya bersifat sosial,” jelasnya.

Di kesempatan silaturahmi ini Hj Rita Hamsyuri juga menjelaskan keberadaannya sebagai Ketua Gatriwara Kalsel bakal segera berganti. Mengingat Ketua DPRD yang baru telah terpilih sehingga setelah tiga tahun berjalan posisinya akan diganti oleh isteri Ketua DPRD Kalsel yang baru.

Walau demikian, Hj Rita mengharapkan, kegiatan organisasi tetap berjalan sebagai mana mestinya sesuai program yang direncanakan selama ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Gatriwara Batola Hj Teti Apriati Hikmatullah mengatakan, kegiatan silaturahmi bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan saling tukar pengalaman dalam meningkatkan peran para isteri wakil rakyat.

Ramah Tamah dan Silaturahmi Gatriwara yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Batola Ir H Supriyono, para anggota DPRD, dan para ketua organisasi wanita lainnya ini selain menyuguhkan kesenian tari dan pengundian doorprize juga berisi ceramah agama yang disampaikan Ustadz H Karyono Ibnu Ahmad.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.