MTQ Harus Membumikan Alquran

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) secara resmi telah dibuka Bupati Hj Noormiliyani AS, Senin (30/07).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Manuntung Desa Kolam Kiri Kecamatan Wanaraya ini berlangsung semarak diawali pawai ta’aruf para kafilah dari 17 kecamatan se-Batola. Iring-iringan pawai yang diikuti 995 peserta berasal dari 506 kafilah dan 489 official, pelatih, pendamping dan penggembira ini berjejer melintasi area antara panggung utama dan tempat berdirinya para undangan.

Kirab para kafilah yang diawali Group Drumband Generasi Muda Selidah Marabahan ini menyuguhkan aneka kreasi dan seragam yang berbeda-beda seperti ada yang melengkapi penampilan group hadrah, menggunakan payung merah putih sebagai simbol kecintaan terhadap NKRI, menyampaikan bingkisan khusus kepada bupati dan Ketua LPTQ, serta beragam bentuk keunikan lainnya.

Pembukaan MTQ yang dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS beserta suami H Hasanuddin Murad, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, Sekda H Supriyono dan isteri Hj Sri Wahyuningsih, para forkopimda, Kepala Kemenag Batola Drs H Rusbandi MA, para pimpinan SKPD, dan para camat masing-masing besera isteri serta para undangan ini selain berisi pengajian ayat suci Alquran dari qori peraih juara II di Libia tahun 2004 asal Banjarmasin H Ahmad Bughdadi SAg MHi, penyerahan piala bergilir, penekanan tombol sirene, serta pengibaran bendera LPTQ.

Sebelumnya juga dilakukan pelantikan dewan juri dan dewan hakim di Mesjid Hasnur Mutaqin oleh Bupati Hj Noormiliyani yang dirangkai peresmian 23 buah lembaga pendidikan dan pembinaan Alquran se-Batola yakni 10 Taman Pendidikan Seni Baca Alquran (TPSBA), 6 buah Taman Hifzil Quran (THQ), 4 buah Sanggar Khaththil Quran (SKQ), dan 3 buah Sanggar Syarhil Quran (SSQ).

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengharapkan, MTQ yang dilaksanakan harus mampu membumikan Alquran melalui pembelajaran, pengamalan dan pemahaman oleh masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menyadari tujuan dari kegiatan MTQ tentunya tidak terlepas dari keinginan prestasi. Walau pun, lanjutnya, yang lebih utama adalah syiar dan dakwah untuk membumikan dan memuliakan Alquran dengan menjadikannya sebagai nafas serta pegangan dalam membentuk kepribadian.

Isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad ini juga berharap masyarakat dapat memegang teguh hakikat, makna serta tujuan MTQ sehingga Alquran benar-benar bisa diresapi, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga melalui kegiatan rutin ini selain sarana melahirkan qari dan qariah, hafiz dan hafizah berbakat dan berprestai sekaligus menjadi media pendorong besarnya minat baca tulis Alquran di kalangan masyarakat kita khususnya anak-anak sejak usia balita hingga dewasa,” harapnya.

Hal yang lebih mendasar dan harus mendapat perhatian serius, lanjut Noormiliyani, yaitu menanamkan akidah, norma, dan nilai-nilai ajaran agama Islam yang benar kepada anak-anak sejak usia dini.

Ketua LPTQ Batola H Supriyono menerangkan, MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Batola di Wanaraya ini diikuti 506 peserta 5 cabang yang dilombakan seperti tilawatil quran, tahfizulquran, fahmil quran, syarhil quran, dan khatil quran.

Sebelum pelaksanaan, sebut Ketua LPTQ yang juga Sekda Kabupaten Batola itu, telah dilaksanakan serangkaian kegiatan seperti pembinaan pemula qari dan qariah, hafiz dan hafizah, melakukan pembinaan terhadap panitia penyelenggara, dan melaksanakan orientasi dewan hakim.

Selain itu, juga dilaksanakan pembinaan pemantapan qari dan qariah, hafiz dan hafizh, melaksanakan verifikasi calon peserta, dan melaksanakan rapat kerja LPTQ dan teknikal meeting bersama perwakilan kecamatan.

Kepala Kantor Kemenag Batola Drs H Rusbandi MA berharap, melalui MTQ ke-49 di Wanaraya ini semakin memotivasi masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, melalui kegiatan akan semakin mempersiapkan peserta Batola terhadap pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalsel di Kota Tanjung, Tabalong, yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.