ASN Dikerahkan Jelang Pelaksanaan HPS

Memasuki hari-hari terakhir persiapan puncak pelaksanaan Hari Pangan Sedunia  (HPS) ke-38 tahun 2018 tanggal 18-21 Oktober 2018 di Kecamatan Jejangkit, jajaran pejabat dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) menggelar aksi bersih-bersih.

Aksi yang dipimpin langsung Bupati Batola Hj Noormiliyani AS ini melibatkan seluruh pimpinan SKPD dan para camat beserta masing-masing jajaran. Aksi yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita ini juga diikuti Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor beserta isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, Sekdakab Batola H Supriyono beserta isteri Hj Sri Wahyuningsih, para pengurus PKK, dan berbagai lapisan masyarakat.

Lokasi yang dibersihkan kawasan irigasi areal persawahan obyek utama HPS di Handil 1 Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit sepanjang 3 kilometer.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing SKPD dan kecamatan berdasarkan perhitungan mendapatkan pembagian areal yang dibersihkan sepanjang 63 meter.

Rumput-rumput yang terlihat memenuhi tanggul di kiri kanan irigasi maupun salurannya secara bergotong royong ditebas dan dibersihkan.

Potongan-potongan rumput maupun sampahnya dikumpulkan di pinggir jalan untuk selanjutnya diangkut menggunakan truk oleh petugas kebersihan ke lokasi TPA di kawasan Tebing Rimbah Kecamatan Mandastana.

Sebelum digelar kerja bakti massal, Bupati Batola Noormiliyani dan Wakil Bupati Rahmadian Noor memberikan pengarahan kepada para ASN tentang lokasi maupun tempat yang menjadi sasaran aksi.

“Intinya hari ini kita bersama-sama bergotong royong membersihkan tanggul dan saluran irigasi Handil 1 Jejangkit Muara ini,” kata Wakil Bupati Rahmadian Noor.

Wabup juga mengutarakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan selain sebagai persiapan akhir pelaksanaan HPS juga dalam rangka memupuk kebersamaan dan semangat kegotong-royongan khususnya di kalangan ASN.

Karena itu, sebutnya, jika dalam pelaksanaannya ada yang belum selesai maka SKPD lainnya hendaknya membantu melakukan keroyokan agar semuanya bersih dan tidak ada areal yang terlewatkan.

Bupati Noormiliyani mengatakan, masyarakat Batola khususnya ASN boleh bersemangat dan gembira dalam melaksanakan aksi kebersihan ini sebagai ungkapan rasa bahagia atas ditempatkannya lokasi utama kegiatan HPS di Jejangkit.

Sebelum memulai aksi, Noormiliyani pun sempat memberi motivasi melalui ungkapan yel-yel “Sukses HPS untuk kita bersama. Barito Kuala Setara” yang dijawab Yes! oleh para ASN.

Kegiatan gotong royong ini juga dirangkai rapat akhir persiapan HPS. Usai aksi bersih-bersih para pimpinan SKPD yang tergabung dalam Tim HPS dengan dipimpin Bupati Hj Noormiliyani, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan Sekda H Supriyono menggelar rapat di Posko HPS yang berda di Handil 1 Desa Jejangkit Muara.

Pembahasan yang dibicarakan mulai menyangkut kesiapan penyambutan kedatangan presiden, kesiapan jalan, pelaksanaan panen dan berbagai rangkaian pelaksanaan hingga kepulangan presiden.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.