Wabup Lepas Kafilah MTQ Batola

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalsel ke-31 tahun 2018 dilaksanakan di Kota Tanjung Kabupaten Tabalong 2 sampai 8 November 2018. Untuk kafilah dari Kabupaten Barito Kuala (Batola) telah dilepas Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Rabu (01/10) malam. Pelepasan kafilah Batola yang berjumlah 73 orang itu diawali pelaksanaan shalat hajat dan shalat magrib serta doa bersama di Aula Selidah Kantor Bupati Batola.

Rahmadian Noor sangat merespon pelepasan kafilah MTQ Batola karena ia memandang keberadaan para peserta MTQ mempunyai arti sangat penting bagi kemaslahatan umat dan kesalamatan bangsa dan negera.

Saking responnya Rahmadi (panggilan Rahmadian Noor) terhadap para kafilah MTQ, ia menghendaki pada kesempatan pelepasan berikutnya supaya dilakukan lebih meriah dan melibatkan banyak pihak.

Selain itu ia juga mengharapkan salama berada di daerah tujuan para kafilah harus mendapat perhatian yang menyangkut kebutuhan utama seperti konsumsi, transportasi dan akomodasi.

“Saya tak ingin mendengar adanya nada-nada sumbang yang dialami para kafilah kita saat berada dalam pertandingan,” katanya.

Sementara bagi mereka yang berprestasi, menurut mantan anggota DPRD Batola itu, sudah sewajarnya mendapat perhatian dan pemberian penghargaan yang layak bahkan diberikan jaminan pekerjaan bagi yang telah memenuhi usia dewasa.

“Kalau itu bisa dilakukan kenapa tidak? Mungkin saja mereka mendapatkan rekomendasi dalam bekerja baik lingkungan pemerintah daerah maupun di pihak-pihak swasta,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum LPTQ Batola H Supriyono mengatakan, kafilah Batola yang berangkat mengikuti MTQ Nasional ke-31 tahun 2018 tingkat Provinsi Kalsel di Tabalong berjumlah 73 orang yang terdiri dari para pimpinan kafilah, official pendamping, official pelatih, serta para peserta.

Diikutkannya para pendamping kafilah dan official ini, sebut Ketum LPTQ yang juga Sekdakab Batola tersebut, karena kegiatan MTQ juga berisi kegiatan bazar dan pawai taaruf yang dibutuhkannya para pengatur kelengkapan bazar, transportasi hingga sopir yang berjumlah 31 orang.

Sedangkan peserta yang akan mengikuti kegiatan MTQ berjumlah 42 orang yang terdiri dari cabang tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa putra putri, cabang tartil quran putra putri, cabang tahfizul quran putra dan putri 1 juz, 5 juz, 10 juz, serta 20 juz. Untuk tartil quran 30 juz hanya diikuti peserta putri.

Selain itu Batola juga mengikuti lomba cabang khattil quran yang terdiri dari khat hiasan putra dan putri, khat naskah putra dan putri, khat dekorasi putra dan putri, serta khat kontimforer putra dan putri.

Cabang lain yang juga diikuti Batola berupa cabang syarhil quran putra dan putri, cabang fahmil quran putra dan putri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.