Giliran Semangat Karya jadi Kampung KB

Giliran Desa Semangat Karya Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kalsel dicanangan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangannya ditandai pemukulan gong oleh Camat Alalak M Haris Isroyani, Rabu (31/10).

Desa Semangat Karya merupakan desa ke-9 dari 14 desa di 14 kecamatan se-Batola tahun 2018 yang ditetapkan sebagai Kampung KB.

Sebelumnya telah dicanangkan Desa Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen sebagai Kampung KB oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani AS. Setelah itu dilanjutkan pencanangannya ke Desa Bambangin Kecamatan Belawang, Desa Anjir Serapat Lama Kecamatan Anjir Muara, Desa Sungai Lirik Kecamatan Bakumpai, Desa Banyiur Kecamatan Anjir Pasar, Desa Tumih Kecamatan Wanaraya, dan Desa Puntik Luar Kecamatan Mandastana.

Pencanangan Desa Semangat Karya sebagai Kampung KB disaksikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Drs H Syarkawi HAM MPd. Hadir pula dalam kesempatan itu yang mewakili Kepala BKKBN Provinsi Kalsel beserta rombongan, Ketua TP-PKK Kecamatan Alalak, yang mewakili Kadiskominfo Batola, anggota forkopimcam, para kades dan isteri se-Kecamatan Alalak, tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota BPD, LPM, kader desa, semua RT dan masyarakat setempat.

Peresmian diawali persembahan Syair Maulid Habsyi dari ibu-ibu PKK Desa Semangat Karya, pembacaan doa, menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, mars PKK, mars KB, serta ikrar Kampung KB.

Camat Alalak, M Haris Isroyani menyatakan, sangat menyambut baik dan berterima kasih atas dicanangkannya Desa Semangat Karya sebagai desa ke-9 Kampung KB dari 14 desa terpilih tahun 2018 di Kabupaten Batola.

“Mari kita laksanakan apa yang sudah diikrarkan tadi dengan bersama-sama membenahi data yang ada di Rumah Dataku,” ajak Haris (panggilan Haris Isroyani).

Kampung KB dan Rumah Dataku Desa Semangat Karya dicanangkan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Kepala DPPKBP3A, Drs H Syarkawi HAM MPd.

Dalam sambutan tertulis bupati, Syarkawi menyatakan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dicanangkannya Kampung KB dan Rumah Dataku di Desa Semangat Karya Kecamatan Alalak ini.

Ia mengatakan, pencanangan Kampung KB dan Rumah Dataku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam meningkatkan kualitas pembangunan yang berwawasan kependudukan.

“Pencanangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa sekaligus dapat memanfaatkan keberadaan Rumah Dataku sebagai data kependudukan,” katanya.

Sebelumnya, Kamis (25/10/2018), juga dicanangkan Kampung KB bagi Desa Puntik Luar Kecamatan Mandastana.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.