Akhir Tahun, SKPD Diminta Stop Opname

Senin tanggal 31 Januari merupakan hari terakhir tahun 2018. Memasuki akhir tahun banyak pesan yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Sekdakab Batola) H Supriyono kepada para ASN.

Di antara pesan yang sampaikan terutama terkait laporan keuangan. Masing-masing SKPD diminta menutup kas disertai berita acara stop opname.

“Dengan cara itu insya Allah pada saat menyusun laporan LKPD sudah tidak ada hal-hal yang dikapitasi,” katanya saat membina Apel Gabungan Akhir Tahun di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (31/12).

Terkait aset, mantan Kepala Bappeda Batola itu juga mengimbau, terhadap aset-aset pengadaan tahun 2018 supaya diproses yang didasarkan pada realisasi anggaran agar memperoleh SK Penetapan Penggunaan yang sesuai dan benar.

“Saya minta kepada pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran maupun kuasa pengguna anggaran agar dicek secara benar antara SPJ dengan fisik, jangan sampai ada SPJ namun fisiknya tidak ada,” pinta Supriyono.

Sekda juga menekankan untuk barang modal atau pembelian barang dan jasa maka barangnya harus benar-benar ada sesuai dengan jumlah, jenis, dan speknya. “Tolong di hari terakhir ini benar-benar dicek sekali lagi agar jangan sampai ada kekeliruan. Agar pada saat diperiksa barangnya tidak ada yang tidak sesuai,” tambahnya.

Jika laporan itu berbentuk perjalanan dinas, lanjut lekaki yang akrap disapa pak Pri itu, yakinkan laporan perjalanan dinas yang dikemas atau dikumpulkan dalam satu DPA itu harus ada laporannya.

Dalam kesempatan apel itu pula, Sekdakab Batola H Supriyono juga menyinggung tentang penerapan SAKIP (Sitem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). Menurutnya tahun 2019 Batola akan menerapkan SAKIP secara penuh yang mengharuskan seluruh kinerja bisa diukur.

“Nanti dengan penerapan SAKIP secara penuh maka pembuatan laporan setiap DPA harus memuat indikator-indikator input, output, outcome bahkan infect-nya (dampaknya),” terangnya.

Pada apel gabungan ini Sekda juga menyinggung pelaksanaan peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Barito Kuala ke-59 yang rangkaiannya dimulai sejak 3 Januari 2019 dengan melaksanakan syukuran sekaligus shalat hajat, tanggal 4 Januari melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa, tanggal 6 Januari Pembukaan Pameran Pembangunan, dan aneka hiburan.

Dalam kaitan itulah, Supriyono mengharapkan peran dan partisipasi seluruh ASN untuk turut serta melibatkan diri dalam setiap pelaksanaan, paling tidak turut berhadir dalam rangka menyemarakkan.

Apel Akhir Tahun 2018 ini juga dirangkai penyerahan penghargaan dari Bupati Barito Kuala kepada sejumlah ASN yang memasuki masa purna tugas. Pada apel ini terdapat 5 ASN yang memasuki masa purnatugas, termasuk Inspektur Kabupaten Batola Drs Johan Arifin, Kabid Perhubungan Darat Tulus Priyono SSos, dan empat orang pegawai di lingkungan Disdik Batola yakni Rosita, Anshari Arsyad BA, Rudy Natalisman SPd, dan Yanto D SPd.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.