STIKIP PGRI Juara Umum Tari Serumpun

Setelah melalui lomba, Festival Tari Serumpun Melalu Pesisir IV yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Barito Kuala (Batola) ke-59 telah menghasilkan pemenang.
Lomba memperebutkan Trophy Bupati Batola yang menghadirkan juri profesional dari Jakarta dan Banjarmasin di Panggung Utama Lapangan 5 Desember Marabahan ini telah berhasil menelorkan juara umum, Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin.
Sanggar Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin ditetapkan sebagai juara umum karena berhasil memboyong sejumlah kemenangan masing-masing penyaji terbaik I, Penata Tari Terbaik, dan Penata Musik Terbaik dan Penyaji Unggulan Utama.
Atas prestasi ini maka Sanggar Ikalastri STIKIP PGRI Banjarmasin ini juga berhak meriah piala bergilir Bupati Barito Kuala Cup serta hadiah uang yang mencapai belasan juta.
Sementara Penyaji Terbaik II diraih Sanggar Perpekindo Banjarmasin, Penyaji Terbaik III Sanggar Karamunting (Hulu Sungai Selatan). Untuk Penyaji Terbaik IV diraih Sanggar Tingang Menteng Pahunjung Tarung dari Kabupaten Kapuas, Penyaji Terbaik V diraih Sanggar Manuntung Haruyung Kota Palangka Raya, dan Penyaji Terbaik VI diraih Sanggar Wasaka SMKN 1 Marabahan. Sedangkan untuk Penata Rias dan Busana Terbaik diraih Sanggar Haruyung Manuntung dari Kota Palangka Raya.
Mengingat di festival ini Pemkab Batola melalui Disporbudpar menyediakan hadiah dengan total mencapai Rp31,5 juta untuk enam pemenang baik penyaji terbaik, penata musik terbaik tari terbaik, dan rias terbaik.
Sedangkan hadiahnya langsung diserahkan Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, para forkopimda, Sekdakab Batola, dan Plt Kadisporbudpar.
Wabup mengatakan, penyelenggaraan festival ini selain untuk menyemarakan Harjadi Batola ke-59 juga dalam rangka melestarikan dan mengembangkan seni tari khususnya Tari Serumpun Melayu Pesisir.
Ia berharap melalui kegiatan akan semakin memajukan kebudayaan tari sekaligus lebih memperkenalkan kepada masyarakat terutama para generasi muda agar seni leluhur ini bisa bertahan serta berkembang lagi hingga masa-masa mendatang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.