Pencegahan DBD Mutlak Dilakukan

Hj Noormiliyani AS mencanangkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kamis (28/02/2019). Pencanangan yang dipusatkan di Puskesmas Berangas Kecamatan Alalak ini ditandai penetesan Lavarisida secara simbolis.
Di kesempatan pencanangan yang juga dihadiri Kadis Kesehatan Batola dr Hj Azizah Sri Widari, Camat Alalak Haris Isroyani beserta isteri, para anggota forkopimcam, yang mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Batola dan para Ketua PKK Kecamatan, serta berbagai lapisan masyarakat ini Noormiliyani meninjau lokasi PSN 3M Plus yang berada di kawasan Kelurahan Berangas.
“Pemkab Batola telah berkomitmen untuk mencapai eleminasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aydes aegypty,” katanya.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menjelaskan, salah satu upaya dalam mempercepat pencapaian tujuan dengan melaksanakan 3M (menutup, menguras, dan mengubur) tempat-tempat bertelurnya nyamuk.
Dikatakannya, upaya pemberantasan DBD ada 3 hal di antaranya meningkatkan kegiatan survelens penyakit dan survelens vektor, diagnosa dini dan pengobatan dini serta meningkatkan upaya pemberantasan vektor.
Isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad ini menekankan, pencegahan DBD mutlak dilakukan dan paling penting memberantasnya. Untuk itu, ia mengimbau, semua pihak harus terlibat tanpa mengenal usia.
“Kepada para camat, lurah, kades dan seluruh masyarakat dengan kondisi cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu hendaknya lebih fokus melakukan monitoring dalam mengantisipasi serangan mematikan ini,” pintanya.
Hal yang sama juga diingatkan kepada petugas-petugas puskesdes agar semakin menggiatkan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam meminimalisir angka kematian yang disebabkan virus DBD.
Dalam menanggulangi DBD, Noormiliyani mengingatkan, dalam satu rumah masyarakat menerapkan satu jurus pemantau jentik (Sajumantik) dengan setiap satu minggu melakukan pemeriksaan jentik di rumah masing-masing. Selain masyarakat juga diharapkan berperan menjaga kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu sumber utama tempat berkembang biaknya nyamuk.
Terkait gerakan PSN 3M Plus, menurut anak mantan Gubernur Kalsel almarhum Aberani Sulaiman itu, pengendaliannya tak bisa hanya mengandalkan pengasapan atau fogging, namun cara yang paling ampuh dengan memberantas vektornya dengan membasmi sarang-sarang melalui penggalakkan PSN.
“Kalau seminggu sekali masyarakat melakukan bersih-bersih dengan mengurus, menutup dan menimbun barang bekas maka nyamuk pembawa virus DB tidak akan sempat berkembang lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.