Presiden Ingin Pasar Rakyat Gunakan Online

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) Meresmikan Pasar Rakyat serta melaksanakan Pasar Rakyat Award 2019, Selasa (12/03/2019).
Acara yang berlangsung di Hall 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Jalan Grand Boulevard No 1 Tangerang, Banten ini turut dihadiri Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor serta para bupati, walikota, para kepala dinas yang membidangi perdagangan, para pengelola pasar dan kepala pasar lainnya se-Indonesia.
Pasar Rakyat Award ini diberikan untuk kategori Pasar Revitalisasi Terbaik, Pasar Ramah Lingkungan, Pasar Difabel, dan Pengelola Pasar Terbaik.
Di acara ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan bagi daerah yang dapat menjaga stabilisasi harga, serta pemberian sertifikat SNI Pasar Rakyat 8152:2015 Tahun 2018.
Di sela kegiatan, para undangan juga mendapatkan penjelasan mengenai SNI Pasar Rakyat dari Ditjen PKTN Kemendag, Pasar Sehat dari Kementerian Kesehatan, serta Revitalisasi Pasar Rakyat dari Bank Indonesia dan Asparindo.
Presiden RI Jokowi dalam arahannya saat membuka kegiatan meminta Kementerian Perdagagangan mengembangkan ekosistem online bagi produk yang sebelumnya dijual di pasar rakyat atau pasar tradisional.
Presiden mengaku sering mendapatkan keluhan pedagang pasar tradisional karena kalah dibandingkan dengan produk yang dijual melalui sistem dalam jaringan (online).
“Saya minta Kemendag, pasar-pasar kita mulai membangun ekosistem online, tapi juga memperbaiki ekosistem offline-nya,” pintanya.
Untuk mendukung penjualan produk sistem online, Jokowi menyatakan, kepala daerah seperti walikota atau bupati bertugas membantu pengemasan produk agar lebih menarik salah satunya dengan membeli mesin pengemasan yang dananya bisa berasal APBD.
Presiden menyatakan, pasar rakyat yang tersambung dengan sistem online akan menjadi sebuah kekuatan nasional apabila produk sudah bisa dijual di pasar nasioal. Untuk itu ia juga mengharapkan produk pasar rakyat agar bisa dijual melalui sistem marketplace di luar Indonesia (global marketplace).
Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita menyatakan, Kemendag berkomitmen mencapai hasil terbaik dalam pengimplementasian seluruh mandat presiden.
Pada implementasi mandat membangun dan merevitalisasi 5.000 pasar rakyat dalam periode 2015-2019, sebutnya, Kemendag kembali membuktikan komitmen dengan peresmian secara simbolis diwakili pasar rakyat serikat C Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Pasar rakyat Pekalongan – Kabupaten Lampung Timur, dan Pasar Rakyat Sagalaherang – Kabupaten Subang oleh Presiden Jokowi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.