70 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) melaksanakan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kalsel dan Nasional tahun 2019, Rabu (13/03/2019).
Seleksi yang dilaksanakan di Aula Selidah Kantor Bupati Batola ini diikuti 70 pelajar kelas 1 SLTA se-Batola. Dari seluruh peserta yang dipilih masing-masing sekolah ini akan diambil 3 pasang terbaik yakni 3 pria dan 3 wanita untuk dikirim ke tingkat Provinsi Kalsel.
Sebelum dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi dan nasional, 3 pasang peserta terbaik tingkat Batola ini terlebih dahulu diberikan pemantapan beberapa hari dari pelatih yang berasal dari polisi dan purna paskibraka Indonesia (PPI).
Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani dalam sambutan tertulis disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan Suyud Sugiono saagat mengapreasiaasi apresiasi atas antusiasnya para peserta dalam mengikuti kegiatan.
“Harapan saya semangat yang membuncah ini menjadi modal dasar untuk membuktikan bahwa kalian mampu dan pantas terpilih menjadi anggota Paskibraks pada 17 Agustus 2019 nanti,” harapnya.
Kepada seluruh peserta bupati juga berpesan untuk benar-benar mempersiapkan diri sejak dini baik fisik maupun mental. Terlebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.
“Saya yakin bahwa kalian telah siap dan mampu melewati berbagai tahapan seleksi dan memperoleh hasil yang memuaskan,” ucapnya sembari menambahkan, sehingga ke depan akan menjadi pribadi-pribadi yang siap bersaing dan mampu menghadapi ujian-ujian lainnya termasuk berbagai tantangan yang dilewati.
Sebelumnya, Kepala Disporbudpar Batola, Gusti Ruspandi mengatakan, peserta yang terpilih mengikuti seleksi ini harus memenuhi kriteria semuanya kelas I SLTA, memenuhi tinggi badan, berkepribadian baik, tegak dan tidak cacat fisik (kaki tidak berbentuk X), sehat jasmani dan rohani, berpenampilan menarik, menguasai seni daerah, mempunyai berat badan ideal, dan lainnya.
Dari hasil seleksi, sebutnya, masing-masing diambil 3 peserta putra dan 3 putri untuk kembali mengikuti seleksi di tingkat provinsi dan nasional untuk pelaksanaan pengibaran bendera pusaka di istana negara pada Peringatan Hari Proklamasi ke-74 RI Tahun 2019.
Ruspandi menerangkan, untuk seleksi paskibraka tahun 2013 Batola pernah mengirim 3 pasangan paskibraka ke provinsi dan terpilih 1 putra dan 1 putri menjadi paskibraka tingkat nasional dan menempati peringkat 3. Sedangkan 2 pasangan lainnya terpilih sebagai pakibra tingkat provinsi.
Selanjutnya tahun 2014, Batola kembali mengirim 3 putra dan 3 putri dengan prestasi yang didapat ternyata 2 putra dan 1 putri masuk dalam deretan paskibra tingkat provinsi dan 1 orang dari SMAN 1 Rantau Badauh yakni Crismiati Ningsih masuk 3 besar dalam seleksi nasional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.