2019, Jumlah KPM PKH Capai 9.842

Senin (25/03/2019), giliran Dinas Sosial (Dinsos) menjadi petugas Apel Bendera. Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Batola (Batola) ini dirangkai penyerahan penghargaan kepada aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki masa purnatugas dari Bupati melalui Penjabat Sekda H Abdul Manaf.
Berdasarkan data, ASN yang pensiun kali ini berjumlah 14 di antaranya Kabag Kesra Setda Batola H Sarbandi, Kabid Mutasi Jabatan Bapegdiklat Sunarto, Hj Mas Indrayani Diyah dari Distan TPH, tujuh dari Disdik yakni Baseran, Abdul Hadi, Gusti Husni, Hj Hamdanah, Sulasteri, Masliah, dan Armansyah. Selanjutnya, Warjukni (Kecamatan Kuripan), Hj Mahliana (Kelurahan Berangas), Jaini Hasan (Disdukcapil), dan H Syahriansyah (DPPKBP3A).
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Batola, Fuad Syekh saat membina upacara mengutarakan tentang program kerja dan kegiatan yang pihaknya laksanakan seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), PBI JKN (Penerimaan Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional), dan masalah MoU (kerjasama) antara Kemensos dan Polri sesui Keputusan No 1 Tahun 2019 tentang Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum Dalam Penyaluran Bansos yang berisi pertukaran data dan informasi, bantuan hukum dan bantuan pengamanan dalam jangka waktu 5 tahun.
Terkait masalah PKH, Fuad (panggilan Fuad Syekh) menerangkan, di Kabupaten Batola sudah berlangsung 11 tahun sejak tahun 2008 hingga tahun 2019 dengan total bantuan mencapai Rp65.330.102.548. Sedangkan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) berjumlah 9.482.
Khusus untuk tahun 2019, menurut Fuad, bantuan tahap I dialokasikan sebesar Rp12.055.100.000. Saat ini sedang dilaksanakan sosialisasi ke seluruh kecamatan di Batola terkait adanya kenaikan (perubahan) anggsuran PKH tahun 2019.
Menyangkut masalah BPNT, Fuad menerangkan, pemerintah menghendaki bansos/hibah secara non tunai, termasuk bantuan beras sejahtera. “Saat ini penerima Bansos Rastra di Batola berjumlah 14.238 KPM,” katanya.
Pemerintah menargetkan, sebut Fuad, bansos di Batola sudah dilaksanakan secara non tunai sejak Juni 2019. Sekarang sudah tahap verifikasi dan validasi data.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.