Haul ke-4 HA Sulaiman HB Membludak

Setiap orang yang pernah mengenal H Abdussamad Sulaiman bin H Basirun (HA Sulaiman HB) selalu mengambil kesan positif terhadap almarhum. Pengalaman yang sama juga diutarakan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS. Bagi Noormiliyani, HA Sulaiman HB, cukup memberi andil atas perjalanan kariernya.
Pernyataan Noormiliyani ini diutarakannya pada pelaksanaan haul ke-4 HA Sulaiman HB
di Komplek Kuburan Muslimin Datuk H Abdussamad Bakumpai Jalan Veteran Marabahan, Kamis (02/05/2019).
Noormiliyani mengakui, keberhasilannya menjadi Ketua DPRD Provinsi Kalsel tidak terlepas adanya spirit dan motivasi almarhum HA Sulaiman HB. Demikian pula tatkala mau menjabat sebagai Bupati Batola.
“Kala itu almarhum yang sudah sakit-sakitan menyatakan saya bisa menjalankan amanah,” tuturnya seraya menambahkan. Dari kepercayaan itulah, menurut Noormiliyani, memberi keyakinan kepada dirinya untuk menunjukan kemampuan meniti karier dari seorang ibu rumah tangga menjadi Ketua DPRD Provinsi Kalsel hingga sebagai Bupati Batola.
Noormiliyani berharap, kebaikan-kebaikan almarhum dapat terus dilanjutkan terutama terhadap hal-hal berkenaan dalam rangka mendukung terwujudnya langkah percepatan pembangunan demi kemajuan pembangunan serta dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Batola.
Pengalaman serupa diutarakan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Gubernur yang akrap disapa Paman Birin ini mengutarakan ada 2 hal yang selalu ia ingat terhadap almarhum.
Pengalaman itu, ketika almarhum mempersilahkan dirinya untuk memasang baliho bergambar mereka berdua. Selain itu, almarhum sempat tersenyum mendengarkan pantun yang dibawakannya.
Di momentum haulan ke-4 ini, Paman Birin mengajak semua hadirin untuk bersama-sama memohonkan doa kepada almarhum agar mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. Menurut gubernur, almarhum salah satu tokoh besar di Kalsel yang memiliki banyak peran kepada banua. Peran yang diberikan almarhum bahkan masih dirasakan masyarakat hingga sekarang.
Untuk keluarga besar almarhum, gubernur memohonkan doa supaya diberikan keberkahan serta dapat mengambil contoh teladan atas hal-hal positif yang telah ditorehkan almarhum selama hidupnya. Sehingga segala kebaikan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.
Sebelumnya, salah satu anak mendiang, Hasnuryadi atas nama keluarga besar besar kedua orangtuanya yakni HA Sulaiman HB dan Hj Nurhayati mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh lapisan masyarakat serta memohon doa agar kedua orangtuanya diberikan tempat terbaik dan mulia di sisi Allah SWT serta Rasulullah SAW.
Di hadapan seluruh hadiri termasuk para habaib, alim ulama, guru-guru agama, tokoh masyarakat, para pejabat Provinsi Kalsel dan Batola, serta seluruh lapisan masyarakat, Hasnur atas nama keluarga besar HA Sulaiman HB memohon kesediaan untuk bisa dianggap sebagai saudara dan keluarga karena sebagai masyarakat banua memang berkeluarga.
“Mudah-mudahan kami bisa melanjutkan cinta dan pengabdian abah (ayah) terhadap Islam dan masyarakat banua, nusa dan bangsa tercinta,” katanya.
Haul ke-4 HA Sulaiman HB ini dihadiri ribuan jemaah. Para pengunjung yang datang di komplek Kubah Datu Syech Abussamad Marabahan ini membludak.
Acara haulan selain diisi ceramah agama oleh Habib Ali Zainal Abidin, Habib Fahmi Al-Muhdor, Habib Muhammad Al-Habsyi, KH Ahmad Zuhdiannoor, KH Saifuddin Zuhri, KH Ahmad Sanusi juga diisi pembacaan shalawat oleh Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dan pembacaan Surah Yasin yang dipimpin Ustadz H Ahmad Mubarak dan tahlil serta doa yang dipimpin H Jarjani.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.