Desa Pantai Hambawang Dinilai Tim Provinsi

Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel mendatangi Desa Pantai Hambawang Kecamatan Mandastana, Barito Kuala (Batola), Selasa (07/05).
Kehadiran tim yang dipimpin Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel H. Zulkifli dalam rangka melakukan penilaian. Mengingat Desa Pantai Hambawang terpilih mewakili Batola pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019. Penilaian lomba desa ini dibuka Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor di halaman Kantor Desa Pantai Hambawang.
Kehadiran tim disambut tarian penyambutan. Bahkan Wabup Rahmadian Noor dan Kadis PMD Provinsi H Zulkifli diusung sebagai tanda penghormatan atas kesediaan kehadiran keduanya.
Zulkifli mengatakan tujuan dilaksanakannya lomba desa untuk menjadikan tolok ukur perkembangan suatu desa dengan aspek penilaian meliputi kepemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai yang diatur pada Kemendagri No.81 Tahun 2015.
“Pada hakekatnya perlombaan desa ini untuk mempercepat tercapainya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya sembari menyatakan indikator yang dinilai meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, lembaga pemberdayaan masyarakat, keamanan dan ketertiban, pemerintahan desa, partisipasi masyarakat dan 10 program pokok PKK.
Sementara itu, Wabup Rahmadian Noor berharap, even lomba desa ini dapat memberikan dampak nyata dan berkesinambungan dalam upaya mewujudkan pembangunan desa yang kian maju dan sejahtera.
Terhadap warga desa Pantai Hambawang, wabup berpesan, untuk menjadikan perlombaan ini sebagai momen melihat sisi-sisi yang masih perlu perbaikan dan pembenahan atas yang sudah dikerjakan selama ini.
“Apa pun hasil penilaian hendaknya dijadikan sebagai penyemangat untuk terus berusaha memacu berbagai kebijakan yang telah dijalankan dan disepakati bersama,” harapnya.
Menyingung tentang perlombaan desa yang dilaksanakan, menurut wabup, tentunya menjadi bagian upaya pemerintah untuk membangun kemandirian desa dalam rangka mendukung percepatan kemajuan pembangunan daerah yang sekarang lebih dititikberatkan pada pencapaian kemajuan pembangunan di perdesaan.
Melalui kegiatan ini juga diharapkan, lanjut wabup, semakin memotivasi aparatur pemerintahan desa bersama warga untuk lebih meningkatkan peran dan partisipasi aktif dalam mengelola dan membangun desa secara mandiri secara bersama demi tercapainya kemajuan pembangunan dan kesejahteraan.
Acara penilaian lomba desa tingkat Provinsi Kalsel di Batola ini juga dirangkai pemberian sembako kepada para lansia oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.
Hadir dalam acara ini Kadis PMD Batola Dahlan, Camat Mandastana Dahtiar Fajar beserta isteri serta para anggota forkopimcam, para pengurus PKK kabupaten, kecamatan dan desa setempat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.