Noormiliyani Safari di Desa Sungai Lumbah

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS melaksanakan Safari Ramadhan di Mesjid Darut Taqwa Desa Sungai Lumbah Kecamatan Alalak, Senin (13/05). Seperti tahun lalu, pada Ramadhan 1440 Hijriyah ini bupati melaksanakan kegiatan safari di pagi hari. Mengingat sore hari ia ingin mendampingi keluarga berbuka puasa.
Noormiliyani menyadari, selaku perempuan, di sela kesibukan sebagai pejabat juga memiliki tanggungjawab terhadap anak dan suami. Karena itu ia memohon maaf dan pengertian dari warga tidak bisa melaksanakan buka puasa dan shalat Magrib.
“Bagi saya berbeda waktu itu tidak mengapa, yang terpenting niat silaturahmi dan ukuwah itu yang menjadi esensi utama dari pertemuan,” katanya.
Menanggapi laporan panitia keberadaan Mesjid Darut Taqwa yang cukup tua karena dibangun sejak 1948, menurut Noormiliyani, ia sengaja minta agar mesjid yang akan dikunjungi dicari yang tua-tua supaya dari kegiatan safari yang berisi pemberian bantuan tepat sasaran.
Di kesempatan safari ini Noormiliyani juga menyinggung pelaksanaan pileg, pemilihan DPD, dan Pilpres. Menurutnya saat ini pemilihan telah usai dan mengajak masyarakat mengakhiri segala bentuk perdebatan dalam perbedaan pilihan.
“Saat ini kita tinggal menunggu pengumuman KPU Pusat yang pada 22 Mei 2019 tentang siapa terpilih sebagai presiden,” katanya.
Kepada mereka yang terpilih sebagai anggota legislatif atau DPD Noormiliyani mengimbau supaya tak perlu jumawa berlebihan. Sedangkan bagi yang belum terpilih diharapkan bersikap legowo karena semuanya sudah merupakan ketentuan dari yang maha kuasa.
“Kalau ada yang kurang puas lebih baik ditempuh lewat jalur hukum seperti ke MK dan sebagainya, jangan sampai mempengaruhi massa untuk berbuat yang tidak-tidak,” pintanya.
Sementara kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan berbagai elemen lainnnya, isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad ini mengimbau supaya bisa memberikan penyadaran kepada masyarakat agar mereka tidak mudah terprovokasi terhadap segala hasutan, ajakan, informasi maupun pemberitaan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan.
Khusus kepada masyarakat Batola, Bupati Perempuan pertama di Kalsel ini minta untuk mewaspadai adanya provokasi yang bisa menimbulkan perpecahan di antara sesama. Lebih-lebih jika melihat pengalaman di Kalsel yang pernah terjadi kerusuhan pada 23 Mei Tahun 1997 yang menyebabkan perekonomian lumpuh dan pembangunan mundur 10 tahun ke belakangan.
Di kesemapatan Safari Ramadhan ini Bupati Noormiliyani menyerahkan bantuan Rp15 juta dari Pemkab Batola ditambah Rp10 juta dari Bank Kalsel Cabang Marabahan untuk perbaikan mesjid setempat. Bupati juga menyerahkan 26 bingkisan untuk pengurus pengurus mesjid, imam serta khatib.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.