PMR PKK di Kantor Bupati Diserbu Warga

Halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola) dipenuhi massa, Selasa (28/05) pagi. Di depan pelataran Aula Selidah berjejer tiga tenda dan sebelah kiri aula terdapat dua tenda memanjang. Semua tenda dipenuhi tumpukan plastik berisi paket sembako.
Semua tenda yang dijaga ibu-ibu berseragam pelbagai organisasi wanita. Mereka dikerumuni warga baik laki-laki, perempuan, tua, muda, anak-anak bahkan para lansia dan orangtua jumpo yang datang dari berbagai penjuru Kota Marabahan dan sekitarnya.
Mereka mengantri untuk membeli paket sembako murah. Di antara mereka juga terdapat para honorer dan PNS golong I dan II yang bekerja di lingkungan Sekretariat Kantor Bupati Batola.
Pagi itu gabungan organisasi wanita yang terdiri dari TP-PKK, DWP, Yayasan Bunga Karamunting (YBM), Bank Kalsel Cabang Marabahan, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perkebunan dan Peternakan melaksanakan Pasar Murah Ramadhan (PMR) 1440 Hijriyah.
PMR yang rutin digelar sejak tahun 2009 ini mendapat sambutan antusias berbagai lapisan masyarakat. Mereka ‘menyerbu’ seluruh jenis sembako yang digelar. Pada PMR ini PKK Batola sedikitnya menyediakan 750 paket sembako ditambah ratusan paket dari DWP.
Selain sembako di PMK ini juga menyediakan 560 tabung gas dengan harga Rp17.500 per tabung. Di kegiatan ini juga digelar cek kesehatan gratis atas kerjasama dengan dinas kesehatan Batola.
Sembako-sembako yang berisi berbagai jenis bahan kebutuhan dapur ini dijual dengan sangat murah dibanding harga pasar. Miringnya harga karena mendapat subsidi dari masing-masing instansi.
Paket yang berasal dari TP-PKK disediakan untuk melayani tukang becak, ojek, taksi, klotok, fery, juru parkir, dan tukang cukur rambut, sukarelawan Damkar, serta pedagang ikan dan sayur.
Sembako yang berasal dari DWP disediakan untuk para honorer dan pegawai golongan I dan II. Sementara untuk kelompok pengajian Ummul Khadijah disediakan oleh Yayasan Bunga Karamunting (YBK) bekerjasama dengan Bank Kalsel Cabang Marabahan.
Kegiatan Pasar Murah yang dibuka Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor ini juga ditinjau Bupati Batola Hj Noormiliyani AS. Sebelum melakukan peninjauan ke masing-masing stand, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menyempatkan menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada warga sebagai tanda dimulainya kegiatan pasar murah.
Selanjutnya, isteri mantan Bupati Batola H Hasanuddin Murad itu dengan didampingi didampingi Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti, Ketua DWP yang juga Wakil Ketua TP-PKK Batolaa Hj Fidriana Abdul Manaf dan pengurus lainnya melakukan peninjauan ke masing-masing stand.
Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti saat membuka kegiatan menerangkan, pasar murah ini terlaksana atas kerjasama TP-PKK, DWP, Yayasan Bunga Karamunting dan didukung Dins perdagangan Provinsi Kalsel, dan diskoperindag Batola.
“Hadirnya pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan sekaligus untuk persiapan menghadapi Idul Fitri 1440 Hijriyah,” jelas isteri Wabup H Rahmadian Noor ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.