Alquran segala Sumber Ilmu

Jemaah Mesjid Nurul Anwar Marabahan menggelar peringatan Nuzulul Quran pada Ramadhan 1440 Hijriyah, Sabtu (01/06) malam.
Peringatan yang dilaksanakan usai Shalat Tarawih ini dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Kemasyarakatan H Ismet Zulfikar mewakili Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS.
Acara diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh H Ibnu Rusdi dan HM Jabir serta penyampaian tausyiah oleh Ustadz HM Mubaraq dan ditutup doa oleh Ustadz Kadar.
Bupati Batola Hj Noormiliyani dalam sambutannya melalui Staf Ahli Bupati H Ismet Zulfikar menyatakan, sangat mengapresiasi dilaksanakannya peringatan Nuzulul Quran.
Ia mengatakan, Nuzulul Quran dilaksanakan sebagai peringatan atas peristiwa diturunkannya Alquran oleh Allah SWT melalui Jibril AS kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberi petunjuk kepada umat manusia.
Bulan Ramadhan yang merupakan penghulu dari semua bulan, sebut bupati, banyak mengandung peristiwa penting di antaranya diturunkannya Alquran untuk dapat dipelajari dan diamalkan terhadap perintah yang terkandung di dalamnya agar selamat baik di dunia lebih-lebih di akhirat.
Alquran, tambah bupati, diturunkan sebagai petunjuk dan pembeda antara yang hak dan yang bathil, berfungsi sebagai peringatan, rahmat, penjelasan, berita gembira, serta sumber hukum dalam kehidupan sehari-hari.
Tak hanya itu, menurut bupati, Alquran juga berfungsi sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia yang inspirasinya tidak pernah kering mengalirkan nilai-nilai ajaran Islam yang luhur memberikan keteduhan, ketenteraman, dan kedamaian.
Karenanya, melalui peringatan Nuzulul Quran ini, bupati mengajak semua masyarakat, untuk mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa menjadi mu’min yang sejati dengan senantiasa meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Sementara Ustadz HM Mubaraq dalam tausyiahnya mengupas tentang proses serta tahapan di turunkannya Alquran. Menurutnya Alquran diturunkan pada proses-proses yang sudah ditentukan Allah SWT dalam beberapa tahapan.
Penceramah yang merupakan anak KH Kastalani ini menerangkan, Alquran diturunkan sekaligus dari Lauhil Mahfus ke Baitul Izzah setelah itu diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW oleh Jibril atas perintah Allah.
Allah menurunkan Alquran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, sebut Mubarq, pada malam 17 Ramadhan dengan surah Iqra. Karenanya setiap malam 17 Ramadhan selalu dilaksanakan peringatan Nuzulul Quran.
Penceramah yang tergolong masih muda ini juga menerangkan, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat terbesar karena bersifat universal dan abadi serta berupa ruhiyah bersifat rasional, kekal sepanjang masa.
Mubaraq yang juga penceramah rutin kegiatan Majelis Ta’lim di Mesjid Nurul Anwar Marabahan ini mengajak para jemaah untuk selalu membaca, mengamalkan, mentadabur serta memahami makna ayat Alquran. Agar di akhirat bisa memberikan safaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.