Awali Kerja dengan Berhalal Bihalal

Pegawai Pemkab Barito Kuala (Batola) mengawali masuk kerja setelah cuti dan libur bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah dengan menggelar halal bihalal, Senin (10/06/2019).
Sebelumnya dilaksanakan apel di halaman Kantor Bupati Batola yang dimulai sekitar pukul 0730 Wita. Usai apel dilanjutkan kegiatan halal bihalal. Suasana penuh akrap menghiasi hari pertama masuk kerja jajaran aparatur sipil negera (ASN) di lingkungan Pemkab Barito Kuala (Batola) ini.
Dari depan tampak sumbringah wajah Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, Penjabat Sekda H Abdul Manaf dan isteri Hj Fidriana.
Mereka dengan ramah menerima uluran tangan para PNS mulai dari para staf ahli, asisten, kepala dinas, badan, kantor, bagian, pejabat eselon IV serta para pelaksana. Sesekali para petinggi ini menerima peluk hangat dan sujud sebagai tanda penghormatan.
Para ASN berkeliling mengitari tempat bupati, wabup dan isteri, sekda dan isteri, serta para kepala dinas yang berdiri di pelataran Aula Selidah hingga meluber ke halaman Kantor Bupati Batola.
Menariknya usai berhalal bihalal seluruh pegawai mendapat suguhan makan pagi. Setelah bersalam-salaman mereka secara bergiliran mengambil hidangan dan membawanya ke tempat yang mereka sukai.
Tidak sedikit pegawai baik laki-laki maupun perempuan yang memilih tempat makan di pelataran Aula Selidah Kantor Bupati Batola dan sudut-sudut lainnya. Suasana ini membuat pemandangan semakin menarik serta menambah keakraban di antara mereka.
Saat memimpin apel, Bupati Noormiliyani, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ASN atas kesadaran dan ketaatan untuk berhadir sehingga bisa bersama-sama melaksanakan apel dan berhalal-bihalal.
Ia berharap sikap mental dan prilaku disiplin seperti ini terus terjaga serta mampu diterapkan dalam menjalankan tanggungjawab sesuai tupoksi di unit kerja masing-masing. Lebih-lebih sebagian besar ASN beragama Islam yang diharapkan setelah melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan hendaknya menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas baik selaku individu lebih-lebih selaku aparatur.
Di kesempatan berhalal bihalal ini, Noormiliyani bersama Wakil Bupati H Rahmadian Noor atas pribadi, keluarga, dan pemerintah daerah menyampaikan permohonan maaf jika selama bergaul dan bertugas dalam memimpin terdapat kesalahan dan kekhilafan.
“Semoga melalui halal bihalal ini menjadi media bersama untuk lebih meningkatkan hubungan serta komunikasi yang baik dan harmonis antar sesama ASN, antara pimpinan dan bawahan, maupun antara sesama rekan dan mitra kerja,” harapnya.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini juga menginstruksikan para pimpinan SKPD agar
tidak memberi libur tambahan kepada para bawahannya kecuali terhadap mereka yang cuti atau sakit yang dibuktikan surat resmi pihak berwenang.
Para pimpinan SKPD juga diminta membuat laporan tertulis terhadap kehadiran pegawai dengan melampirkan daftar hadir, surat cuti, atau sakit. Sementara terhadap PNS yang tidak masuk tanpa alasan yang sah diminta dijatuhi sanksi hukuman disiplin.
Laporan tersebut disampaikan kepada Penjabat Sekda melalui Bagian Organisasi dengan ditembuskan ke Bapegdiklat dan Inspektorat paling lambat pukul 11.00 Wita, Senin (10/06/2019).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.