234 JCH Batola Ikuti Manasik

Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS membuka manasik haji massal bagi jemaah calon haji (JCH) dari daerahnya tahun 2019, Selasa (18/06/2019).
Kegiatan yang berlangsung di Aula Selidah Kantor Bupati Batola ini diikuti 234 JCH yang terdiri dari 232 reguler dan 2 petugas TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).
Bupati Hj Noormiliyani menyatakan sangat menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas dilaksanakannya manasik. Ia menilai kegiatan manasik sangat penting bagi para JCH selain bermanfaat untuk menambah dan memberikan pemahaman kepada setiap JCH tentang tujuan utama keberangkatan ke tanah suci juga berguna untuk memberikan pembelajaran yang diharapkan dapat membantu mempermudah dalam menunaikan semua rukun dan tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktek, sehingga diharapkan dapat mandiri dan mampu melaksanakan seluruh rangkaian dengan lancar, baik, dan benar.
Karenanya, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini berharap, para jemaah memanfaatkan kegiatan untuk menimba pengetahuan dan tata cara berhaji sekaligus dapat mempergunakan kesempatan dalam memperluas ukhuwah islamiyah antar jemaah sehingga saat berada di tanah suci dapat saling tolong.
“Harapan dan doa saya semoga bapak ibu sekalian senantiasa diberikan kesehatan lahir dan batin serta selalu diberikan jalan kemudahan dalam mengikuti setiap pembelajaran dalam kegiatan manasik massal ini hingga tuntas,” harapnya.
Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Kalsel H Noor Fahmi. Ia mengatakan, diberikannya bimbingan manasik kepada agar para CJH Batola memperoleh pemahaman yang mendalam tentang perjalanan ibadah haji dengan baik dan benar guna mewujudkan kemandirian dalam beribadah haji.
Sebelumnya, Kakankemenag Batola H Rusbandi mengutarakan, manasik haji bagi CJH Batola tingkat kecamatan akan dilakukan di 3 zona masing-masing zona 1 bertempat di Kubah Datu Abdus Samad Marabahan yang diikuti JCH Marabahan, Bakumpai, Tabukan, Kuripan, dan Barambai.
Zona 2 dilaksanakan di Majelis Ihya Ulumuddin Sungai Gampa untuk JCH Cerbon, Rantau Badauh, Belawang, Wanaraya, Mandastana, dan Alalak. Sedangkan zona 3 dilaksanakan di Masjid Adz Dzakirin Anjir Muara untuk JCH asal Anjir Muara, Anjir Pasar, Tamban, Mekarsari, dan Tabunganen.
Rencananya, sebut Rusbandi, kegiatan manasik dimulai minggu keempat Juni hingga minggu pertama Juli 2019. “Kegiatan manasik di tingkat kecamatan ini merupakan lanjutan manasik massal saat ini. Menurut rencana kegiatannya akan dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan,” tuturnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.