Pelantikan DPRD Batola Diperkirakan Agustus

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang baru, periode 2019-2024 diperkirakan dilaksanakan bulan Agustus tahun 2019. Pasal masa jabatan anggota DPRD terdahulu (periode 2014-2019) berakhir pada tanggal 8 Agustus 2019.
Sekretaris DPRD Batola, H Gusti Rosa Syahrum menerangkan, pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) penetapan calon terpilih. Menurut pihak yang berkompeten SK tersebut akan disampaikan setelah selesai proses sidang perselisihan Pilpres di MK.
“Jadi kami nanti akan mengupayakan SK terlebih dahulu yang diperkirakan setelah tanggal 28 Juli,” ucapnya saat membina Apel Bendera di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (24/06/2019).
Di hadapan seluruh peserta apel dan para pimpinan SKPD seperti Penjabat Sekda H Abdul Manaf, para staf ahli bupati, asisten, pejabat eselon II, III, IV dan para pelaksana, Sekretaris DPRD yang akrap disapa pak Oca ini menuturkan 35 anggota DPRD Batola terpilih saat ini berasal dari delapan partai politik (parpol).
Mereka masing-masing 16 kursi dari Partai Golkar, 4 PKS, 3 PKB, 3 PAN, 3 PDIP, 3 Gerindra, 2 Nasdem dan 1 dari PPP.
Menyangkut pelantikan, menurut Oca, sesuai ketentuan baru harus dilakukan pemilihan pimpinan sementara. Sesuai SK DPRD tentang Tata Tertib yang menjadi pimpinan sementara berasal dari kursi terbanyak pertama dan kursi terbanyak kedua yakni Golkar dan PKS. Kalau dulu pimpinan sementara diambil dari anggota tertua dan termuda.
Terkait pemutusan fraksi-fraksi, lanjut Oca, juga terdapat perbedaan. Kalau pereode lama terdapat 6 fraksi namun di periode akan datang kemungkinan terdapat tujuh fraksi, termasuk satu fraksi yang bergabung yang diperkirakan antara Nasdem dan PPP, mengingat ketentuan dalam pembuatan fraksi minimal terdapat 3 suara.
Seiring keberadaan fraksi ini, Oca menyatakan, semenjak adanya gedung DPRD yang baru pihaknya telah menyiapkan 9 ruang fraksi yakni 6 ruang untuk fraksi lainnya dan 3 ruang untuk fraksi golkar yang berjumlah 16 orang.
Dalam rangka pembentukan alat-alat kelengkapan dewan, menurut Sekretaris DPRD Batola ini, biasanya dilantik oleh pimpinan DPRD. Jadi dalam pembentukan komisi-komisi, kemudian alat kelengkapan dewan dan lainnya sebagainya dilantik setelah adanya pelantikan pimpinan definitif.
Apel bendera kali ini juga dirangkai pemberian penghargaan secara simbolis dari bupati kepada 9 ASN yang memasuki masa purnatugas. Penghargaan tersebut diserahkan Penjabat Sekda Batola H Abdul Manaf didampingi Kepala Bapegdiklat Hardian Noor.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.