DPRD Karanganyar Kunjungi Batola

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) mendapat kunjungan Komisi A dan D DPRD Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (25/06).
Kehadiran rombongan yang berjumlah 27 orang ini diterima Asisten Bidang Pemerintahan Setda Batola M Anthony , Kabag Pemerintahan Muliansyah, Plt Kabag Kesra Muzakir dan lainnya di ruang Komisi I DPRD Batola.
Ketua rombongan DPRD Karanganyar, H Eko Setiyono memaparkan, tujuan kehadiran mereka di kabupaten berjuluk Bumi Ije Jela ini dalam rangka saling tukar pengalaman baik yang berhubungan dengan tugas-tugas Komisi A maupun D.
“Untuk Komisi A bidang pemerintahan mungkin yang berkaitan penerapan aplikasi pemerintahan apakah sudah di sini berjalan serta yang berhubungan keberadaan sekda. Kebetulan di tempat kami sekda lagi sedang kosong,” ucap salah seorang rombongan.
Sementara yang berhubungan tugas Komisi D yang dipertanyakan di antaranya menyangkut bidang kesra seperti kesehatan dan pendidikan khususnya terhadap penerapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi.
Sebelumnya, mewakili bupati, Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony selain mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan berkunjung juga memaparkan tentang keberadaan Batola baik menyangkut letak, luas wilayah, penduduk, potensi, maupun geografis yang dimiliki Batola.
Menurutnya Batola yang memiliki luas wilayah 2.996,96 Km2 ini memiliki 17 kecamatan yang terdiri 195 desa dan 6 kelurahan ini memiliki penduduk sekitar 365.883 jiwa.
Mantan Kabag Humpro Setda Batola ini juga membeberkan keberadaan Kabupaten Batola yang dikelilingi sungai yang membentang sepanjang 120 kilometer dari selatan hingga utara berbatasan dengan Sungai Kapuas, Kalteng.
Sementara masyarakatnya sebagaian besar sebagai petani sehingga Batola mampu menyulai kebutuhan padi di Kalsel lebih dari 17 persen. “Baru-baru tadi Batola dipercaya sebagai pelaksana HPS ke-28 dan saat ini diproyeksikan sebagai penyokong padi nasional,” katanya.
Kunker DPRD Karanganyar ini juga berisi dialog antara rombongan dengan sejumlah SKPD terkait di Batola. Kegiatan juga ditandai tukar menukar cindera mata.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.