Para Bendahara Diedukasi Transaksi Elektronifikasi

Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor mengatakan, penerapan elektronifikasi akan menjauhkan resiko serta memudahkan para bendahara mengelola keuangan. Pasalnya melalui sistem itu para bendahara tak lagi menyimpan uang dalam bentuk tunai.
Pernyataan ini dilontarkan Rahmadian Noor saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (Pemda) oleh Bank Indonesia (BI) di Kabupaten Batola yang berlangsung di Aula Selidah, Selasa (25/06/2019).
“Pernah ada kebakaran menimpa sebuah kantor yang menyebabkan ludesnya semua uang dan bendaharanya dibuat kelabakan,” paparnya.
Melihat dari pelajaran itu, wabup yang akrap disapa pak Rahmadi ini, menyatakan sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan dalam rangka mendukung upaya penerapan gerakan nasional non tuni (GNNT) oleh BI.
Menyinggung penerapan GNNT, menurut Rahmadi, sebenarnya sejak 2017 sudah dimulai di Batola. Hanya saja dalam penerapannya tidak menyeluruh. Karenanya melalui cara ini akan mempermudah dalam pelaksanaannya.
Dikesempatan pembukaan sosialisasi elektronifikasi transaksi pemda ini, Rahmadi yang juga mantan DPRD Batola ini, mengutarakan akan memberikan penghasilan tambahan bagi pegawai di Batola sebagai pengganti tunjangan daerah.
“Sesuai arahan Men-PAN kita nanti akan memberikan tambahan penghasilan pegawai sebagai pengganti tunjangan daerah. Tapi ini bukan tunjangan kinerja karena syaratnya sangat berat, walau pun kita juga mengarah ke sana,” paparnya.
Sementara itu, Manajer BI Perwakilan Banjarmasin, Michael Rudolf Tambayong mengatakan, dalam mempercepat elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah BI bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Kerjasama yang dimaksud Tambayong, yaitu melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi setiap daerah. “Kita akan roadshow di 13 kabupaten/kota di Kalsel. Dan di Marabahan ini merupakan yang pertama,” ucapnya.
Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah oleh BI di Batola ini diikuti para bendahara SKPD dan kecamatan se-Batola.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.