Wasbang Beri Daya Tahan Generasi Muda

Sosialisasi wawasan kebangsaan (wasbang) dan karakter bangsa dinilai penting dalam menambah pengetahuan wawasan kebangsaan generasi muda yang merupakan generasi penerus perjuangan akan daya tahan terhadap pengaruh budaya luar.
Pernyataan ini dilontarkan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Pemerintahan Setda Batola M Anthony saat membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa bagi Generasi Muda dan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Pendopo Bahalap Kantor Bupati Batola, Selasa (25/06/2019).
Selain memberi pengaruh daya tahan, sebut bupati, melalui sosialisasi wasbang dan karakter bangsa juga menambah daya dukung dalam menunjang percepatan kemajuan pembangunan bagi daerah.
“Seperti diketahui sejarah bangsa ini telah mencatat kiprah pemuda Indonesia masa lalu selalu berjuang dengan penuh semangat walau jiwa raga taruhannya yang pada akhirnya mampu menghantarkan Indonesia meraih kemerdekaan,” katanya.
Di era globalisasi dan kemajuan zaman yang semakin moderen, menurut bupati, justru semakin menggerogoti wawasan kebangsaan para generasi muda. Ikatan kebangsaan yang begitu kuat terbentuk mulai terpengaruh oleh kesadaran sempit primordialis etnis, agama, golongan dan yang terus merongrong kewibawaan kebangsaan yang dibangun di atas pengorbanan jiwa dan harta yang tak ternilai.
“Oleh karenanya para generasi muda harus mempersiapkan diri dengan baik dengan cara mengenal lebih dalam sejarah maupun akar budaya serta nilai-nilai luhur budaya daerah yang merupakan aset yang tak ternilai harganya bagi bangsa ini,” harapnya.
Khusus kepada generasi muda yang mengikuti kegiatan sosialisasi, bupati berpesan, agar mampu menggali dan membangkitkan kembali semangat pergerakan dan perjuangan para tokoh pemuda Indonesia agar tidak kehilangan identitas sebagai pemuda yang cerdas, kritis dan kreatif serta inovatif.
Karena untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, sebutnya, diperlukan pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri dan profesional.
“Kepada para pemuda di daerah ini saya berharap agar mampu memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kalian dan mampu memposisikan diri sekaligus mengambil peran strategis serta dapat memaknai dan mewarnai setiap kebijakan dalam pembangunan,” ucap bupati.
Sebelumnya, Panitia Pelaksana yang juga Kasubid Pembinaan Karakter Bangsa, Muswidah menerangkan, kegiatan yang menghadirkan nara sumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel dan Batola serta Kodim 1005 Marabahan ini untuk menambah pemahaman dan pengetahuan bagi generasi muda seperti pelajar, mahasiswa, serta organisasi kemasyarakat di Batola.
Selain itu, kegiatan yang melibatkan genarasi muda dan pengurus organisasi kemasyarakatan di Batola ini untuk memberikan pemahaman akan pentingnya wawasan kebangsaan dan karakter bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.