Batola Terima ATTG di Harganas XXVI

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tahun 2019 di Kalimantan Selatan (Kalsel) dirangkai dengan Pameran dan Gelar Dagang yang dilaksanakan di Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel, Kamis (04/07/2019).
Rangkaian Peringatan Harganas XXVI ini dibuka Ketua Umum TP-PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Turut mendampingi isteri Mendagri Tjahjo Kumolo ini dr Dwikisworo Setyowireni Hasto Wardoyo (isteri Kepala BKKBN RI).
Pembukaan Pameran Gelar Dagang Nasional yang ditandai pemotongan pita ini juga dirangkai sejumlah penyerahan termasuk bantuan alat teknologi tepat guna (ATTG) dari BKKBN Pusat kepada SKPD pengelola program KB melalui anggota Kelompok UPPKS yang diserahkan Ketua Umum TP-PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.
Hanya terdapat 5 kabupaten/kota yang menerima ATTG ini masing-masing Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Utara (HSU), dan Hulu Sungai Selatan (HSS).
Sedangkan pemberian bantuan lainnya berupa kelompok UPPKS, penghargaan pemenang lomba kesaatuan gerak PKK-KKBPK-Kes, pelaksana terbaik prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), lingkungan bersih sehat (LBS), posyandu untuk pakarti utama II, II dan pakarti madya I, II, III kategori kabupaten dan kota.
Pameran dan Gelar Dagang yang diinisiasi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional ini juga Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor beserta Ketua TP-PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, para pejabat tinggi madya dan pratama BKKBN dan kementerian terkait, Ketua TP-PKK seluruh provinsi, kabupaten/kota, peserta seluruh perwakilan se-Indonesia dan berbagai undangan lainnya.
Tak ketinggalan turut berhadir Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor. Isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor ini hadir tampak anggun dengan mengenakan pakaian sasirangan motif biru hijau dipadu bawahan dan hijab warna hijau.
Ketua Panitia Gelar Dagang dan Pameran Harganas XXVI Tahun 2019, Ervina Murniati mengatakan, pameran yang berlangsung tiga hari penuh ini menyediakan 170 stand pameran dari kelompok-kelompok UPPKS, UP2K-PKK, kementerian/lembaga, BKKBN seluruh Indonesia, dekranas dan dekranasda, BUMN, BUMD perbankan, dan usaha kecil menengah (UKM) yang menyajikan berbagai produk unggulan seperti pakaian, kuliner serta cendra mata yang berasal dari daerah masing-masing.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih dan penghargaan tak tertingga kepada seluruh undangan dari seluruh penjuru Indonesia. “Kalsel memiliki banyak kerajinan yang aktif mengembangkan kemampuan dan daya saing usaha kecil dan menengah,” katanya.
Ketua Umum TP-PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, pembukaan pameran dan gelar dagang ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan dan mensosialisasikan berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga, seperti berbagai produk UKM dari seluruh provinsi dan produk unggulan hasil para kader PKK di seluruh Indonesia.
“Melalui pameran dan gelar dagang ini dapat mempertemukan dua unsur manajemen yakni manajemen pembangunan dan pemerintahan karena pada hakekatnya pembangunan keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembanguan nasional, sekaligus merupakan kunci terhadap manajemen pemerintahan. Jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi di antara keduanya,” pungkasnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.