Memanfaatkan Bantuan BRS secara Benar

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) menggelar Sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Program Bantuan Rumah Swadaya (BRS).
Kegiatan yang berlangsung di Aula Selidah Kantor Bupati Batola ini dibuka Bupati melalui Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony, Senin (29/07/2019).
Peserta yang diundang dalam kegiatan ini unsur Disperkim, Bappelitbang, BPK Kecamatan, kelurahan, desa, tenaga fasilitator lapangan, masyarakat penerima bantuan dari Kelurahan Marabahan Kota, Desa Bagus, Desa Sido Makmur, dan Desa Antar Jaya Kecamatan Marabahan.
Jumlah penerima bantuan pada tahun 2019 ini terdapat 165 unit rumah dengan besaran bantuan masing-masing Rp17,5 juta yang tersebar di Kelurahan Marabahan Kota 44 unit, Desa Bagus 21 unit, Desa Antar Jaya 33 unit, dan Desa Sido Makmur 67 unit. Bantuan sebesar Rp17,5 juta per rumah itu diperuntukan Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah.
Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony mengharapkan penerima untuk dapat memanfaatkan dengan benar serta patuh dan taat terhadap segala ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan agar maksud dan tujuan dari pelaksanaan.
Kepada para tenaga pendamping, baik dari dinas teknis, SKPD terkait, para konsultan, maupun aparatur pemerintah di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa yang terlibat diminta untuk dapat bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan baik serta menjalankan tugas dan tanggungjawab secara benar.
Agar segala usaha yang dilakukan dapat terus tergalang dan meningkat tidak saja terbatas pada terbangunnya rumah-rumah warga yang layak huni serta lingkungan perumahan sehat dan aman yang membawa berkurangnya tingkat kemiskinan, namun lebih dari itu juga hendaknya mampu mendorong tercapainya percepatan kemajuan pembangunan daerah serta terwujudnya peingkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan di seluruh Batola.
Sebelumnya, Kabid Perumahan Disperkim, Rahmanto menerangkan, tujuan digelarnya sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya masyarakat penerima bantuan, akan rumah layak huni, baik dari segi keselamatan bangunan, kesehatan dan kecukupan ruang.
Dikesempatan kegiatan sosialisasi yang juga dihadiri Kepala Disperkim Batola Akhmad Ridha, ini Rahmanto juga mengutarakan, pelaksanaan kegiatan DAK BRS kali ini sudah melewati serangkaian tahapan.
Rangkaian tahapan yang dilewati itu seperti, lanjut Rahmanto, penyusunan rencana kegiatan dan membentuk tim teknis, perekrutan tenaga fasilitator lapangan yang dilakukan melalui seleksi dengan kompetensi teknis dan pemberdayaan.
Di samping telah dilaksanakan penunjukan bank penyalur kegiatan DAK BRS yaitu Bank Kalsel, serta melakukan verifikasi dan identifikasi bersama-sama tim teknis dan tenaga fasilitator terhadap calon penerima bantuan yang kemudian ditetapkan menjadi penerima bantuan dengan SK penetapan oleh kepala daerah.
Sosialisasi DAK BRS ini juga dirangkai penyerahan secara simbolis bantuan dari Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony kepada penerima yang disaksikan Kadis Perkim Batola Akhmad Ridha dan Kacab Bank Kalsel Marabahan Akhmad Fauzi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.