Digelar FGD Batola Dalam Angka Tahun 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Kabupaten Barito Kuala (Batola) Dalam Angka Tahun 2019, Selasa (06/08/2019).
Kegiatan yang berlangsung di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola ini dibuka Bupati Hj Noormiliyani AS melalui Pj Sekda H Abdul Manaf. Turut berhadir dalam acara ini Kepala BPS Batola Ahmad Rosihanoor beserta jajaran dan SKPD terkait.
“Tujuan penyusunan Barito Kuala Dalam Angka ini untuk menyediakan data-data wilayah Kabupaten Barito Kuala yang dapat digunakan untuk semua kalangan baik pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum,” ungkap bupati.
Bupati berharap, kehadiran peserta FGD dapat memberikan kontribusi positif bagi penyusunan publikasi BPS Kabupaten Batola, mengingat data-data yang akurat akan sangat menentukan program pembangunan yang tepat sasaran di samping berguna untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik.
“Ke depan data-data hasil penyusunan Barito Kuala Dalam Angka ini dapat digunakan untuk evaluasi, perencanaan, penelitian, serta memberikan gambaran dalam perumusan kebijakan, pembuatan rencana, pemantauan, evaluasi dan lainnya,” ucap bupati sembari menekankan, data yang diperlukan dalam penyusunan tak saja pada tataran pemerintahan namun hingga lingkup kecamatan dan desa serta bersifat sektoral.
Untuk itu bupati minta SKPD dan pihak-pihak terkait supaya memberikan data-data yang dibutuhkan secara detil dan objektif sehingga publikasi yang diterbitkan bisa lebih valid dan akurat.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengutarakan, melalui Barito Kuala Dalam Angka akan didapat informasi tentang peringkat wilayah, keterbandingan antar wilayah, indikator-indikator, angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, pembangunan manusia berupa jumlah penduduk dan pertumbuhannya, serta potensi dan struktur ekonomi daerah.
Sebelum diskusi dilaksanakan, Kepala BPS Batola Ahmad Rosihanoor memaparkan tentang Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terpadu (Simdasi). Rosihan juga mengatakan, diselenggarakan FGD dalam rangka finalisasi penyusunan publikasi Batola Dalam Angka 2019.
Menurutnya, FGD sangat penting diselenggarakan karena merupakan muara dari seluruh aktivitas yang dilaksanakan baik melalui sensus, survei maupun kompulasi produk administrasi dengan harapan tersajinya data statistik yang lebih akurat dan tepat waktu.
Rosihan berharap, melalui koordinasi dan inisiasi ini dapat tercapai hasil yang diharapkan serta memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.