Karyawan PA Dites Urine Narkoba

Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Barito Kuala (Batola) Kantor Pengadilan Agama (PA) Marabahan melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba, Kamis (07/08/2019).
Kegiatan yang diikuti seluruh karyawan mulai Ketua PA Marabahan Hj Rusdiana SAg, Wakil Ketua, hakim, dan seluruh staf yang berjumlah 28 orang. Dari hasil tes yang dilakukan ternyata tidak ditemukan indikasi sebagai pengguna alias negatif.
Sosialisasi dilakukan di Aula Ruang Sidang PA Marabahan ini dihadiri Tim BNNK Batola mulai Kepala BNNK AKBP Agung Prabowo AMd, Kasi Pemberantasan AKP Suripno SH, Kasi Rehabilitasi H Wahyuni SKM, dan seluruh anggota.
Kasi Rehabilitasi H Wahyuni menyatakan, berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 bahwa setiap lembaga/instansi baik vertical maupun SOPD (Satuan Organisasi Perangkat Daerah) wajib melaksanakan Rencana Aksi Nasional (RAN) tentang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden karena setiap triwulan akan dilaporkan kepada presiden.
Adapun 4 RAN tersebut di antaranya mengadakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, Adanya regulasi narkoba di setiap SOPD dan instansi vertical, melaksanakan tes urine di instansi masing-masing, membentuk satgas/relawan anti narkoba di setiap instansi vertical dan SOPD.
Wahyuni menyebut, Kantor PA Marabahan merupakan pioner dalam pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 dengan kegiatan penyuluhan narkoba dan tes urine secara mandiri.
Wahyuni mengimbau instansi vertikal lainnya dan SOPD bekerjasama dengan BNNK Batola untuk melaksanakan instruksi presiden ini.
Acara dilanjutkan dengan sosialisasi narkoba oleh penyuluh BNNK Batola Suharjono SKM yang menyampaikan menyampaikan materi tentang Bahaya Penyalahgunaan narkoba.
Kepada peserta sosialisasi juga dijelaskan tentang kondisi Indonesia menurut Presiden RI adalah darurat narkoba. Dimana semua unsure dan komponen bangsa bersama-sama mencegah dan memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya. Penyuluh juga menyinggung tentang ancaman dan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda.
Suharjono memberikan tips agar anak-anak tidak terjerumus ke dalam lingkaran barang mematikan tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.