Puluhan Mobis Meriahkan Malam Takbiran

Bukan Barito Kuala (Batola) namanya jika pada malam hari raya tidak semarak dengan kegiatan lomba mobil hias dan pawai takbiran. Hal ini pula yang terjadi pada malam hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Sabtu (10/08/2019).
Pemkab Batola dan pihak PHBI, menyelenggarakan Lomba Mobil Hias. Puluhan mobil yang berhiaskan aneka relief bernuansa islami dilepas Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor dari halaman Kantor Bupati Batola.
Pelepasan iring-iringan mobil yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Kota Bahalap ini ditandai pemukulun beduk secara bergiliran yang dimulai Wabup Rahmadian Noor, Ketua Sementara DPRD Batola Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, Dandim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto SE, Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya SSos SIK, dan Wakil Ketua DPRD Sementara M Agung Purnomo.
Pawai mobil hias dan takbian yang mengitari sejumlah ruas jalan mulai halaman Kantor Pemkab Batola, depan Polres Batola, Jl Putri Junjung Buih, Hadariah, Jenderal Sudirman, Kartini, AES Nasution, Basuki Rahmat, dan finish di halaman Kantor Bupati Batola ini juga dihadiri Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwiputranti Rahmadian Noor beserta pimpinan organisasi wanita lainnya, para pimpinan SKPD, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai lapisan masyarakat.
Dari hasil penilaian dewan juri, lomba dengan peserta dari kelompok masyarakat, masjid, mushalla, dan sekolah yang dibina para SKPD, BUMN, BUMD, serta perusahaan ini peringkat I diraih group maulid Karamallahu Wajhah binaan PDAM, peringkat II MAN 1 Batola, peringkat III mushalla Darul Muttaqin binaan Setda Batola, peringakat IV Sinoman Hadrah Al-Karamah Ulu Benteng, Peringkat V group maulid Ar-Raudah binaan Dinas PUPR, dan peringkat VI remaja mesjid Sabilissalam binaan Dinas Perkebunan dan Perikanan.
Dalam lomba panitia selain menyediakan piala bergilir bupati bagi peringkat I juga menyediakan trophy dan hadiah uang mulai Rp2,5 juta hingga Rp500 ribu.
Salah satu juri, Aspihannoor SPdI menerangkan, dalam lomba ini peserta harus berbusana muslim dengan membawa alat-alat tetabuhan dan pengeras suara untuk memeriahkan takbiran. Sedangkan penilaian yang dilakukan mulai menyangkut tajwid, lagu, suara, kreativitas hiasan, tema dan jumlah peserta, kekompakan sahutan lapadz takbir, hingga keserasian takbir dengan alat bunyi.
Wabup Batola H Rahmadian Noor menilai peserta semakin tahun semakin bagus dan beragam. Namun demikian, ke depan tetap saja diharapkan terus meningkatkan kualitas dan inovasi hiasan terutama di malam Idul Fitri.
Mantan anggota DPRD Batola ini juga mengharapkan peserta yang akan datang lebih banyak lagi dengan melibatkan semua SKPD yang ada di Kabupten Batola dengan tidak sungkan-sungkan mengeluarkan bantuan dana agar hiasan yang ditampilkan bisa lebih bagus dan semarak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.