HUT Kalsel Dihadiri Menpar dan Para Bupati

Semarak dan meriah. Inilah kesan yang tersaji pada Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (14/08/2019).
Sejumlah hiburan dan pertunjukan ditampilkan mulai theater musical hingga sinoman hadrah kolosal yang berlangsung di lokasi eks Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kilomenter Nol Banjarmasin.
Menariknya, gelaran akbar ini dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Rahman. Didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Wagub H Rudy Resnawan Menpar bahkan mendapat kesempatan untuk menyampaikan pidato terkait keberadaan dan pengembangan kepariwisataan di Kalsel.
Acara juga dihadiri para anggota forkopimda Provinsi Kalsel, para pejabat hingga para bupati/walikota se-Kalsel termasuk Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS.
Bupati perempuan pertama di Kalsel ini hadir lebih pagi. Ia tampil tampak anggun dengan mengenakan sasirangan motif loreng kuning, biru, hijau dipadu hijab warna kuning serta bawahan hitam.
Anak Gubernur Kalsel periode 1963-1969 almarhum Aberani Sulaiman ini hadir bersama para anggota forkopimda dan jajaran pejabatnya.
Puncak Peringatan Harjad Prov Kalsel kali ini benar-benar menjadi momen istimewa bagi masyarakat banua. Mengingat sajian yang ditampilkan seakan tak habis-habisnya. Mulai menampilkan tarian daerah kolosal dengan pakaian adat berbagai kabupaten/kota hingga penyajian teater yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kalsel yang kental kehidupan sungainya.
Pertunjukan yang tak kalah menyedot perhatian yaitu dengan ditampilkannya tarian sinoman hadrah kolosal. Tarian ini tak saja diikuti kelompok group tari yang jumlahnya ratusan namun juga melibatkan para pengunjung hingga kelompok-kelompok masyarakat yang berada di beberapa tempat seperti di tongkang, dermaga siring Kilometer Nol, kelotok dan pujuk-pujuk lainnya.
Di sela acara, masyarakat sering dikejutkan dentuman meriam yang membuat suasana semakin semarak. Panitia sengaja menghadirkan tiga buah meriam berukuran besar untuk menambah kesemarakan acara.
Di tengah-tengah berlangsungnya pesta, para pengunjung disuguhkan makanan gratis di kawasan siring titik Nol Kilometer Banjarmasin. Suguhan gratisan ini disumbang SKPD lingkup Pemprov Kalsel serta kabupaten/kota masing-masing mulai 500 hingga 1000 porsi.
Untuk kebutuhan makan ini panitia menyediakan sedikitnya 140 stand. Sedangkan menu yang disajikan mulai darai ketupat, lontong, nasi kuning, sate, gado-gado, rawon, hingga aneka wadai khas Banjar.
Peringatan HUT Harjad Provinsi Kalsel kali ini juga didukung berbagai pihak seperti pihak Hotel Treepar, Rodhita, Aston, Nasa, dan lainnya dengan menyediakan aneka makanan serta snack.
Untuk penyajian makanan, bagi kabupaten/kota disiapkan 20 stand ditambah pedagang asongan. Guna membuat rapi stand, 140 stand yang tersedia dibagi dua masing-masing 70 stand berada di Jalan Jenderal Sudirman Nol Kilometer dan 70 stand lagi berada di Jalan Piere Tendean.
Selain makanan, kabupaten/kota juga diminta menyediakan bodybag sebanyak 2.000 per kabupaten/kota guna dibagikan kepada para tamu yang berisi souvenir, majalah, dan lain-lain. Rangkaian Harjad ke-69 ini juga diisi Kalsel Expo dan aneka lomba lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.