Taptu dan Pawai Obor Sambut HUT RI ke-74

Malam 17 Agustus di Marabahan, Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala (Batola) berlangsung semarak. Ratusan pelajar dan pramuka menggelar pawai obor. Mereka berbaris mengitari sejumlah ruas jalan.
Pawai obor yang dilaksanakan ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI). Sebelum pawai, terlebih dahulu digelar Apel Taptu (Ketetapan Waktu), Jumat (16/08/2019).
Apel yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Batola ini dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 1005 Marabahan, Letkol Kav Sugianto SE. Apel yang dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Sementara Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, para anggota forkopimda, Wakil Ketua DPRD Sementara Mohamad Agung Purnomo, para pimpinan organisasi wanita beserta pengurus, para pimpinan SKPD, serta jajaran TNI dan Polri ini dirangkai penyulutan obor dari Dandim 1005 Marabahan yang dipegang dua anggota TNI.
Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan pawai obor dari para pelajar SLTP, SLTA dan pramuka. Pawai yang diikuti pasukan TNI, Polri, karyawan Rutan, Satpol-PP, anggota korpri, dan Hansip ini diawali rombongan marching band dan dikawal patroli dari Polres Batola.
Sejumlah ruas jalan yang dilewati mulai Kantor Bupati Batola, Jalan Gusti M Seman, Bastun, Pangeran Antasari, 5 Desember, AES nasution, Basuki Rahmat dan finish di halaman Kantor Bupati Batola. Dari kejauhan iring-iringan pawai itu terlihat terang sehingga membuat suasana tampak indah dan semarak.
Masyarakat yang menyaksikan itu tak mau melewatkan begitu saja. Satu persatu warga bergegas menghampiri serta ramai-ramai berdiri di pinggir jalan menunggu rombongan lewat.
Selain Apel Taptu dan Pawai Obor, pada malam 17 Agustus 2019 ini juga digelar Apel Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan 5 Desember Marabahan yang diikuti seluruh pejabat, organisasi wanita, dan pasukan TNI, Polri, Satpol-PP, Hansip, dan Korpri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.