Upacara Kehormatan dan Renungan Suci

Setiap malam 17 Agustus di Kabupaten Barito Kuala (Batola) selalu digelar Upacara Kehormatan dan Renungan Suci. Begitu pula pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI) tahun 2019 ini.
Tepat pada pukul 00.00 Wita, Jumat (17/08) malam, digelar Upacara Kehormatan di Taman Makam Pahlawan (TMP) 5 Desember Marabahan. Bertindak selalu Inspektur Upacara Dandim 1005 Marabahan, Letkol Kav Sugianto SE dengan Komandan Upacara Kapten Inf Rudianto.
Upacara ini dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Sementara Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, dan para anggota forkopimda masing-masing beserta isteri.
Upacara yang dilaksanakan di tengah kegelapan malam ini juga melibatkan para perwira TNI, Polri, pimpinan SKPD, pimpinan organisasi wanita beserta pengurus, serta pasukan TNI, Polri, Rutan, Satpol-PP, Hansip, dan Korpri.
Prosesi Upacara Kehormatan dan Renungan Suci ini berisi pengucapan naskah kehormatan dari Inspektur Upacara Dandim 1005 Marabahan, Letkol Kav Sugianto SE. Pelaksanaan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci ini terasa sakral mengingat kegiatannya dilangsungkan di tengah kegelapan dan hanya diterangi obor.
Sebelum upacara berlangsung, para pejabat maupun para peserta upacara yang akan memasuki area TMP terlebih dahulu memberi penghormatan kepada para pahlawan, begitu pula ketika mau meninggalkan lokasi pelaksanaan upacara.
Yang menarik, ketika berhadir di lokasi upacara para peserta baik pasukan TNI, Polri, Rutan, Satpol-PP, Hansip, dan Korpri hanya berjalan kaki. Mereka berbaris rapi dari depan Kantor Bupati Batola yang berjarak sekitar 400 meter. Sementara para pejabat dan para peserta perempuan dengan menumpang mobil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.