Detik-detik Proklamasi Diawali 17 Tembakan

17 kali tembakan mengawali Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 di Marabahan, Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala (Batola), Sabtu (17/08/2019).
Seusai 17 kali letupan senjata dari pasukan salvo Polres Batola dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Batola Sementara, Saleh.
Upacara yang digelar di Lapangan 5 Desember Marabahan ini bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS. Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini hadir didampingi suami H Hasanuddin Murad.
Tampak pula hadir di Peringatan HUT RI tahun 2019 ini Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwiputranti, Pj Sekda H Abdul Manaf dan isteri Hj Fidriana, para anggota forkopimda masing-masing beserta isteri, para pimpinan SKPD, BUMN, BUMD, para veteran dan janda veteran, para pensiunan, purnawirawan, para orangtua paskibra, dan berbagai lapisan masyarakat.
Upacara yang dimulai pukul 09.55 Wita ini diawali laporan Perwira Upacara Kompol Yopie Andri Haryono SSos (Kabag Ops Polres Batola), dilanjutkan penghormatan pasukan yang dipimpin Komandan Upacara Ipda Maryono (Kapolsek Mandastana Polres Batola).
Setelah pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dari Ketua DPRD Saleh, upacara dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara Bupati Hj Noormiliyani.
Prosesi pengibaran bendera merah putih 17 Agustus di Kabupaten Batola ini berlangsung lancar dan sukses. Para pasukan pengibar bendera dalam menjalankan tugasnya di hadapan para peserta upacara mulai dari pasukan Kodim, Polres, PN, Kejaksaan, Rutan, Dishub, Satpol-PP, Linmas, Korpri, Pramuka, SLTA, SLTP, dan SD nyaris tidak ada cela.
Begitu pula dengan yang dilakoni pembawa bendera Echa Prihartina Rachma Embisa dari SMA GIBS terlihat tanpa canggung menjalankan tugasnya mulai dari penyambutan, penerimaan bendera dari Inspektur Upacara hingga bendera diserahkan kepada pasukan pengibar bendera berlangsung dengan sempurna.
Kesempurnaan pelaksanaan upacara di Kabupaten Batola ini tidak saja didukung lini-lini lain hingga paduan suara dan korp musik drum band.
Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Batola ini juga dirangkai penyerahan tali asih kepada legiun veteran dan janda veteran, penyerahan piagam penghargaan dan trophy kepada perwakilan keluarga eks peserta PKH yang sudah mandiri, serta penyerahan SK remisi secara simbolis kepada dua orang napi yang mendapat remisi pengurangan dan bebas dari Bupati Batola Hj Noormiliyani AS didampingi Wakil Bupati H Rahmadian Noor serta para anggota forkopimda.
Usai upacara penaikan bendera dilanjutkan dengan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) 5 Desember Marabahan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.