Apel Besar Pramuka ke-58 Semarak

Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor menghadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Provinsi Kalsel yang digelar di Kandangan, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa (20/08/2019).
Apel yang dilaksanakan Lapangan Lambung Mangkurat ini yang berlangsung cukup semarak ini juga dihadiri Gubernur Kalsel selaku Ketua Mabida Kalsel, anggota Forkopimda Provinsi Kalsel, Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin, dan para Ketua Kwarcab se-Kalsel, dan para anggota Forkopimda setempat.
Rahmadian Noor hadir di Bumi Antaludin ini selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Batola. Ia hadir bersama-sama pengurus dan anggota pramuka lainnya yang turut serta mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-58.
Pada pelaksanaan Apel Besar yang berlangsung terlihat ribuan anggota pramuka dari 13 kabupaten/kota se-Klsel berkumpul di Lapangan Lambung Mangkurat Kota Kandangan untuk mengikuti jalannya apel.
Ketua Kwarda Kalsel, Raudatul Jannah berharrap, gerakan pramuka harus terus eksis dan bermanfaat bagi masyrakat serta mampu mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga dapat membentuk gaung generasi yang tangguh dan berkarakter sesuai yang tertuang dalam dasa darma pramuka.
Raudatul menambahkan, gerakan pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal yang menjadi pelengkap pendidikan formal. Untuk menghasilkan kaum muda yang pandai dan berkarakter tidak cukup hanya di pendidikan formal namun harus dilengkapi dengan pendidikan non formal.
Gubernur Kalsel selaku Ketua Mabida Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutan Ketua Kwarnas, Komjen (Purna) Budi Waseso mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni bahaya korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain itu terpapar radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba.
Ketua Kwarnas berharap, melalui peringatan hari pramuka ia mengajak segenap pengurus kwartir, pelatih, dan pembina serta semua anggota pramuka untuk menjadi pioner dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa.
Anggota pramuka juga diminta untuk melakukan suatu gerakan perlindungan bagi petani dengan lebih banyak mengonsumsi produk-produk pertanian lokal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.