Saras Buka Diklat Desain Grafis

LKP Cerika menggelar Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kejuruan Desain Grafis. Kegiatan yang berlangsung LKP Cireka Jalan Pahlawan Gang Korpri No. 26 RT 003 001 Marabahan ini dibuka Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwiputranti Rahmadian Noor, Kamis (22/08/2019).
Pelatihan yang berlangsung sejak 22 – 9 Agustus 2019 ini diikuti 30 peserta dari beberapa kecamatan di Batola seperti Marabahan, Bakumpai, Cerbon, Barambai, Jejangkit dan Kuripan.
“Ini merupakan program bantuan pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud,” papar Ketua TP-PKK Batola yang akrab disapa bu Saras ini.
“Mereka dilatih hingga 9 Oktober 2019 dengan persentase pembelajaran 70 persen praktik dan 30 persen teori. Mereka juga masih didampingi selama sebulan pasca dilatih,” imbuhnya.
Pembukaan pelatihan ini dihadiri Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalsel yang diwakili Kasi Kemitraan dan Tim Penilaian PKW, Sekretaris DPD Forum PLKP Kalsel, Ketua DPD Hilsi Kalsel, Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Batola dan Ketua TP PKK Kecamatan Marabahan.
LPK Cerika yang berdiri sejak 2013 ini sudah dua kali dipercaya menjadi penerima bantuan program PKW. Terakhir program serupa dilaksanakan di pertengahan 2018.
Selama kurang lebih tiga bulan ke depan, mereka diajari percetakan mug, gantungan kunci dan pin, kartu undangan, sablon baju, pembuatan logo, spanduk dan brosur.
Pimpinan LKP Cerika, Sri Rahayu Skom mengutarakan, setelah mengikuti pelatihan, peserta akan membuat kelompok kerja selama tiga bulan lagi dan selanjutnya bisa terus bersama kelompok atau memutuskan bekerja sendiri.
Sri Rahayu menambahkan, sudah 60-an persen alumni LKP Cerika yang berhasil membuka usaha sendiri. Sedangkan pemasaran produk dilakukan dengan bekerjasama dengan Diknas Batola dan TP-PKK terutama untuk kegiatan di luar daerah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.