Marabahan Miliki “Agrowisata Talaran Setara”

Kecamatan Marabahan menyelenggarakan Puncak Peringatan ke-24 Hari Jadinya (Harjad), Sabtu (31/08/2019). Gelaran tahunan yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Karya Maju ini berlangsung semarak.
Diawali persembahan tari “Kur Sumangat” membuat suasana mulai bersemangat. Acara pun dilanjutkan Parade Pembangunan Kecamatan Marabahan yang ditampilkan masing-masing kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Marabahan.
Tak hanya itu, acara juga menyuguhkan aneka penampilan seperti persembahan tari “Suka-suka” dari TK Melati Karya Maju, kuda lumping oleh Sanggar Krida Rudaya, dan penampilan lagu “Batola Setara” karya Kades Karya Maju Nurmanto oleh camat, lurah, dan para kades beserta para isteri.
Puncak Peringatan HUT Marabahan ini juga dirangkai penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan antara lain akte kelahiran, KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Kartu Keluarga.
Yang lebih bermakna, puncak peringatan Harjad ke-24 Kecamatan Marabahan ini berisi penandatanganan sekaligus penyerahan SK Penetapan Kawasan Perdesaan Agrowisata terhadap Desa Antar Baru, Sido Makmur, Karya Maju, dan Antar Raya oleh Bupati Hj Noormiliyani AS kepada Camat Marabahan Eko Purnama Sakti.
Penyerahan SK ini seakan menjadi ‘kado’ terindah bagi masyarakat setempat terlebih bupati juga berkenan memberikan nama untuk kawasan pengembangan perdesaan itu dengan nama “Agrowisata Talaran Setara.”
Di akhir acara Bupati Hj Noormiliyani AS beserta Ketua DPRD Sementara Saleh, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, dan para pimpinan SKPD didampingi Camat Marabahan Eko Purnama Sakti menyempatkan meninjau budidaya Madu Kelulut Sriwangi dan pengembangan pembibitan anggur yang terdapat di Desa Karya Maju.
Sebelumnya, Camat Marabahan Eko Purnama Sakti mengajak kepada segenap lapisan masyarakat untuk terus berusaha dan bekerja keras menjadikan Kecamatan Marabahan dengan potensi-potensi yang ada sebagai kebanggaan masyarakat, Batola, Provinsi Kalsel bahkan Indonesia.
Kepada masyarakat ia juga mengharapkan untuk terus mengeratkan kebersamaan dan bekerjasama, bersama bergerak serempak membangun dan menata Marabahan untuk mewujudkan Batola Setera sebagaimana visi dan misi Bupati Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor.
Pada tahun 2019 ini, sebut Eko, Kecamatan Marabahan mulai mempersiapkan rencana pengembangan perdesaan kawasan agrowisata di Kecamatan Marabahan terhadap 4 desa yakni Desa Antar Baru tanaman yang dikembangkan meliputi sayur mayur, semangka, rambutan dan kelengking, Desa Karya Maju tanaman yang dikembangkan budidaya anggur, Desa Sido Makmur tanaman yang dikembangkan budidaya jambu merah, durian dan jagung, serta Desa Antar Raya tanaman yang dikembangkan budidaya kelulut, tanaman sriwangi beserta hasil olahannya dan semangka.
Bupati Noormiliyani menyatakan, sangat mendukung atas rencana baik ini. Rencana ini sebut dia, juga harus didukung seluruh komponen masyarakat desa terpilih menjadi daerah pengembangan agrowisata.
Untuk pengembangan kawasan agrowisata bagi Desa Antar Baru, Antar Raya, Karya Maju, dan Sido Makmur ini bupati menetapkan nama dengan “Agrowisata Talaran Setara.”
Bupati berharap, para kades masing-masing mendukung program pemkab serta memberikan pemahaman kepada warga mengenai konsep pengembangan kawasan agrowisata, khususnya dalam pengelolaan dan manajemen usaha bersama dan model pengembangan unit usaha agrowisata.
“Semoga melalui peringatan HUT Kecamatan ini akan semakin meningkatkan semangat dan kinerja aparatur pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa sekaligus memacu kesadaran seluruh warga untuk berpartisipasi aktif dilandasi rasa keersamaan dalam bekersa bersama sesuai tugas fungsi dan tanggungjawab masing-masing,” harapnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.