Puskesmas Marabahan Layak Naik Akreditasi

Puskesmas Marabahan menyelenggarakan kegiatan Pra Survey, Kamis (03/10/2019). Acara yang berlangsung di Gedung LPTQ Barito Kuala (Batola) ini diikuti seluruh pegawai puskesmas setempat.
Kegiatan Pra Survey ini dihadiri Kabag Humpro Setda Batola Hery Sasmita mewakili Bupati Kabupaten Barito Kuala serta Plt Kepala Puskesmas Marabahan Dr Mardiati serta Tim Survey yang melakukan penilaian.
Bupati Batola melalui Kabag Humpro Hery Sasmita menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pra survey yang dilaksanakan. Ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada tim yang berkenan hadir dan membantu Puskesmas Marabahan untuk mendapatkan akreditasi lebih baik lagi.
“Pada intinya saya di sini untuk mengucapkan terima kasih kepada tim survey yang berhadir,” ucap Hery Sasmita.
Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Batola Maulida mengatakan, kehadiran pihaknya dalam kegiatan pra survey ini bertugas untuk mendampingi pelaksanaan.
“Alhamdulillah dari kegiatan yang dilaksanakan berupa simulasi kami nilai cukup baik dan berjalan dengan lancar,” ucapnya.
Sementara itu, salah satu Tim Survey yang bertugas dalam Penilaian Administrasi Manajemen Kementerian RI Provinsi Kalsel, Sugian Noor menilai, apa yang ditunjukan Kepala Puskesmas Marabahan sepertinya sudah bisa meningkatkan akreditasi. Ia menambahkan, apa yang disajikan pihak puskesmas telah menunjukan perubahan dan kemajuan.
“Saya punya kewajiban untuk membina agar bisa membantu menyiapkan hal yang diperlukan agar menjadi lebih baik,” ucapnya pensiunan Kadiskes Batola itu.
Hal senada juga diungkapkan salah seorang Tim Survey lainnya, Titi Hidayati. Wanita ramah itu berharap puskesmas-puskesmas di Kalsel bisa meningkatkan nilai akreditasi termasuk Puskesmas Marabahan.
“Untuk Puskesmas Marabahan ini dulu sudah berada di tingkat madya. Kita berharap semoga bisa meningkat menjadi paripurna atau paling tidak utama,” harapnya.
Plt Kepala Puskesmas Marabahan dr Mardiati mengatakan, apa yang dilakukan tim dalam kegiatan pra survey sangat membantu pihaknya akan hal-hal yang dibutuhkan dalam memenuhi ketentuan dan segala persyaratan untuk upaya peningkatan akreditasi.
“Kami sangat terbantu dengan adanya ini, dan dua minggu lagi akan ada survey akreditasi yang sebenarnya dimulai pada minggu ketiga bulan Oktober,” tuturnya optimis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.