PT Pelabuhan Barito Kuala Mandiri

PT. Pelabuhan Barito Kuala Mandiri adalah sebuah Badan Usaha Pelabuhan yang melayani Pemanduan dan Penundaan di perairan wajib pandu di perairan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Propinsi Kalimantan Selatan, guna terciptanya keselamatan pelayaran di wilayah perairan tersebut.

Perairan wajib pandu ini berada di sungai Barito di wilayah Kabupaten Barito Kuala, dengan koordinat 02° 43′ 00.00″ LS – 114° 45′ 52.00″ BT pada bagian utara yang berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah, Koordinat 03° 13′ 40.00″ LS – 114° 32′ 54.00″ BT pada bagian selatan dan koordinat 02° 55′ 51.56″ LS – 114° 54′ 18.00″ BT pada bagian timur yang berbatasan dengan Kabupaten Tapin.

Tujuan utama dari Pemanduan (Pilot) dan Penundaan (Assist) ini adalah

  • Terciptanya keselamatan Pelayaran di perairan Marabahan
  • Terjaminnya kelancaran arus distribusi barang melalui pelayaran
  • Terjaminnya ketertiban arus lalu-lintas di perairan pada umumnya
  • Terwujudnya pertumbuhan ekonomi kawasan lokal Marabahan

Legalitas Perusahaan dan Perairan Wajib Pandu, Marabahan.

Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di pelayanan Pemanduan dan Penundaan, PT. PBKM dilengkapi dengan beberapa perizinan yang merupakan aspek legalitas untuk beroperasi.

Persayaratan utama yang telah dimiliki oleh PT. PBKM antara lain , Izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Penetapan Perairan Wajib Pandu serta Izin untuk Menyelenggarakan Pelayanan Jasa Pemanduan. Perizinan tersebut dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan.

Selain aspek legalitas tersebut, PT. PBKM juga menjalin kesepakatan dengan INSA mengenai tarif maupun tata cara pelayanan pemanduan, agar tercipta keselarasan antara PT. PBKM selaku pelaksana pemanduan dan INSA selaku pengguna jasa pemanduan.

  • KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN No. KP 14 TH 2011 Tgl 17 Januari 2011 TENTANG : Pemberian Izin Usaha Kepada PT.PBKM sebagai Badan Usaha Pelabuhan
  • KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN KP 783 TH 2011 Tgl 26 September 2011 TENTANG : Penetapan Perairan wajib pandu pada Perairan marabahan di Kabupaten Barito Kuala Propinsi Kalimantan Selatan.
  • KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN No. KP 720 TH 2012 Tgl 10 Juli 2012 TENTANG : Pemberian izin kepada PT.PBKM Untuk menyelenggarakan Pelayanan Jasa Pemanduan pada Perairan Wajib Pandu Perairan Marabahan di Kabupaten Barito Kuala ,Propinsi Kalimantan Selatan.

silakan kunjungi website resmi PT. PBKM untuk informasi lebih lanjut http://www.pt-pbkm.com/