PMI Batola Gelar Orientasi Sukarelawan

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Orientasi Relawan KSR (Korps Sukarelawan) dan TSR (Tenaga Sukarelawan), Selasa (08/10/2019). Acara dibuka Wakil Bupati H Rahmadian Noor di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola ini dibuka Wakil Bupati H Rahmadian Noor.
Orientasi sendiri berlangsung sejak Selasa – Kamis (8 – 10 Oktober) 2019 diikuti 37 peserta. Sedangkan kegiatannya dilaksanakan di gedung SKB Marabahan.
Pembukaan Orientasi Sukarelawan PMI Batola yang dihadiri para anggota forkopimda/yang mewakili, perwakilan BPBD dan para pengurus PMI Batola ini ditandai penyematan tanda peserta oleh Wabup Rahmadian Noor.
“PMI merupakan organisasi kemanusiaan. Kita mengedepankan rasa sosial untu membantu orang lain maupun warga yang tertimpa musibah,” tutur wabup.
Wabup Rahmadian Noor yang juga Ketua PMI Batola ini berharap, jiwa sukarelawan ada di diri setiap anggota PMI Batola. Walau pun disadari untuk menanamkan jiwa sukarelawan tentunya diperlukan bekal pengetahuan yang cukup sebelum bertugas. Karena itu, ia menilai, kegiatan Orientasi Sukarelawan ini cukup penting bagi setiap anggota PMI.
Wabup yang akrap disapa pak Rahmadi ini juga menyampaikan rasa bangga terhadap seluruh peserta yang di era individualistis seperti sekarang masih memiliki jiwa sosial dan kesukarelaan yang tinggi.
Di akhir sambutan, wabup berpesan para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dengan seksama serta mempelajari prinsip-prinsip dasar PMI. Agar setelah mengikuti kegiatan bisa lebih memahami akan peran dan tugas.
“Perlu disadari PMI bertugas atas dasar kesukarelawan sehingga sangat disayangkan jika di kemudian hari ada oknum-oknum yang memiliki tujuan pribadi dalam bertugas,” katanya sembari berharap para anggota PMI untuk memegang teguh prinsip-prinsip dasar tersebut.
Kegiatan Orientasi ini diikuti peserta yang berasal dari anggota Korps Sukarelawan (KSR) dan Tenaga Sukarelawan (TSR) Perwakilan PMI di setiap kecamatan. Kegiatan orientasi di bimbing empat fasilitator terampil dari PMI. Peserta diberi materi pelatihan berupa dasar-dasar organisasi PMI dan dasar-dasar teknis rescue.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.