31 Pasangan Terima Dokumen Isbath Nikah

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalui Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kantor Kementerian Agama menyelenggarakan Isbath Nikah Terpadu.
Kamis (10/10/2019), bertempat di Balai Pelatihan Masyarakat Pemprov Kalsel di Kecamatan Alalak, Batola diserahkan Produk Pelayanan Terpadu Isbath Nikah kepada 31 pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah.
Dokumen isbath nikah sendiri diserahkan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS kepada para penerimanya. Produk yang diserahkan berupa penetapan pengadilan agama, dokumen kependudukan, dan buku nikah.
Noormiliyani mengatakan, keperluan identitas di masyarakat sangat diperlukan terutama terkait permintaan pelayanan isbath nikah. Mengingat hal itu sangat penting serta membutuhkan pelayanan terpadu dan prima.
“Banyak keuntungan dari pemberian pelayanan terpadu di antaranya dapat memangkas biaya, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta lebih memudahkan,” paparnya sembari menyebut, pelaksanaan isbath nikah sangat penting untuk kebutuhan administrasi anak, kebutuhan sekolah, mencari pekerjaan, warisan dan masalah-masalah lainnya.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menerangkan, pelayanan isbath nikah bisa dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada pihak terkait. Untuk pasangan yang ingin mengkuti program harus melalui proses pendaftaran dan verifikasi.
Setelah terverifikasi, pasangan akan menjalani sidang untuk mendapatkan penetapan dari Pengadilan Agama. Verifikasi dilakukan dengan sangat teliti dalam rangka menghindari adanya oknum yang memiliki tujuan tertentu.
“Saya harapkan semua instansi terkait agar lebih proaktif dalam masalah ini. Apabila ada warga yang sudah menikah secara agama hendaknya didorong mengikuti program ini agar mereka memiliki buku nikah dan anaknya memiliki akte kelahiran yang mencantumkan nama jelas kedua orangtuanya,” harapnya.
Menyinggung penyerahan produk pelayanan terpadu isbath nikah, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menyatakan terima kasih dan penghargaan kepada pihak yang terlibat seperti Pengadilan Agama, Kantor Kemenag serta Disdukcapil Batola.
Lebih-lebih dalam waktu dekat ini pihak PA, Kemenag dan Dukcapil kembali akan melaksanakan Isbath Nikah di Kecamatan Kecamatan Tabunganen dan kecamatan-kecamatan lainnya.
Ketua Pengadilan Agama Batola Hj Rusdiana SAg menyampaikan, acara ini diselenggarakan merupakan kelanjutan dari MoU Gubernur Kalsel dengan PA Kalsel dan dilanjutkan PA Batola bersama Pemkab Batola melalui Bupati Hj Noormiliyani AS.
Senada dengan Bupati Noormiliyani Ketua PA Batola Rusdiana mengatakan, Program Isbath Nikah Terpadu ini akan membantu masyarakat kecil perdesaan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.