Haul Syekh Abdussamad Dipadati Massa

Komplek pemakaman Datu Syekh Abdussamad Marabahan, Barito Kuala (Batola), Sabtu (12/10/2019), dipadati massa. Puluhan ribu warga baik laki-laki maupun perempuan, tua, muda, dan anak-anak berkumpul sejak pagi, bahkan di antara mereka ada yang bermalam. Kehadiran jemaah ini dalam rangka mengikuti Haul ke-124 Al Alimul Allamah Qadhi Syekh Abdussamad bin Alimul Allamah Mufti Jamaluddin dan Milad ke-319 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
Mereka yang berhadir di haulan ini tidak saja para pejabat seperti Sekda H Abdul Manaf, Ketua DPRD Saleh, para anggota forkopimda, Ketua MUI KH Husain Ahmad, para pimpinan SKPD, para zuriat, kerabat, ulama, habaib, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai lapisan setempat, namun juga banyak warga yang berasal dari luar seperti Banjarmasin, Martapura, Tala, Banua Enam, bahkan dari provinsi tetangga seperti Kalteng dan Kaltim.
Akibatnya, seluruh kawasan yang berada di sekitar Komplek Pemakaman Datu Abdussamad menjadi penuh sesak. Massa yang hadir bahkan meluber ke depan pintu gerbang hingga jalan. Penuhnya warga ini membuat petugas baik polisi, Satpol PP, sejumlah ormas, dan masyarakat bekerja ekstra untuk mengamankan jalan.
Ustadz H Ahmad Mubaraq mewakili ahlul bait, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran para jemaah dalam rangka mengikuti Haul ke-124 Al Alimul Allamah Qadhi Syekh Abdussamad bin Alimul Allamah Mufti Jamaluddin dan Milad ke-319 Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
Ustadz H Ahmad Mubaraq yang merupakan cucu dari Al Alimul Allamah Qadhi Syekh Abdussamad Bakumpai ini juga mendoakan para hadirin serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan agar mendapatkan limpahan rahmat, berkah, karunia serta imbalan pahala berlipat dari Allah SWT.
Ustadz Mubaraq yang juga salah satu penceramah pengajian rutin Majelis Ta’lim Nurun Ala Nur Mesjid Nurul Anwar Marabahan ini juga tak lupa mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan dan kekhilafan maupun hal-hal yang kurang berkenan.
“Semoga acara haulan ini selain membawa kebaikan spritual juga menjadi ajang silaturahim yang mendapatkan keridhaan dan karunia dari Allah SWT,” harapnya.
Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS dalam sambutan disampaikan Sekdakab Batola H Abdul Manaf menyampaikan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada para ahlul bait dan semua pihak atas terselenggaranya haulan serta milad dari kedua tokoh agama Islam yang sangat berpengaruh hingga sekarang.
Bupati berharap, melalui pelaksanaan haul ini dapat mengingatkan kembali terhadap jejak, langkah perjuangan serta pengabdian keduanya kepada umat sekaligus memberikan pelajaran, i’tibar maupun teladan bagi genarasi sekarang utuk dapat berupaya memperbaiki kualitas diri dan keimanan.
“Kita selaku generasi penerus ajaran agama Islam hendaknya terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan rasa kecintaan kepada Rasulullah SAW. Mari kita semua terus meningkatkan rasa persaudaraan seiman dan seagama dalam ikatan ukhuwah islamiyah serta persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” ajak bupati.
Prosesi haulan diawali pembacaan Maulid Al-Habsyi yang dipimpin KH Mawardi Ijum dari Gampa Asahi, pembacaan manaqib Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari oleh Ustadz H Safwansyah serta pembacaan manaqib Al Alimul Allaham Qadhi Syekh Abdussamad Bakumpai oleh Ustadz H Abdul Khair, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil, dzikir nasyid, dan doa oleh H Ahmad Jarjani.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.