Noormiliyani Buka Festival Burung se-Nusantara

Festival Burung Berkicau Ije Jela digelar di Lapangan Sepakbola 5 Desember Marabahan, Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel. Bupati Batola Hj Noormiliyani AS membuka gelaran se-Nusantara ini, Minggu (13/10/2019).
Menariknya, Lomba Burung Berkicau yang merupakan rangkaian dari Festival Barito Kuala 2019 ini selain menyediakan puluhan juta rupiah hadiah uang serta hadiah door prize utama berupa 1 unit mobil Ayla.
Sedangkan untuk kelas Jejangkit Juara 1 – 10 disediakan undian sepeda motor Scoopy ditambah uang, trophy dan sertifikat, kelas Bakumpai juara 1 – 10 disediakan undian sepeda motor Mio ditambah uang, trophy dan sertifikat, untuk kelas Rumpiang juara 1 – 10 disediakan undian kulkas 2 pintu ditambah uang, trophy dan sertifikat. Sedangkan untuk kelas Dispora juara 1 – 10 sediakan uang, trophy dan sertifikat.
Festival Burung Berkicau yang kedua tahun 2019 di Batola ini diikuti sekitar 1.500 kicau mania dari komunitas dan peserta umum se-nusantara seperti dari Jatim, Jateng, Jabar, Kaltim, Kalteng, Kalbar, dan seluruh kabupaten/kota se-Kalsel.
Pada ajang yang memperlombakan empat kelas yakni Jejangkit, Bakumpai, Rumpiang, dan Ije Jela dengan jenis burung Murai Batu Borneo, Cucak Hijau, Love Bird, Kenari, Kacer, Kambas, Branjangan, Cendet, dan Pleci ini panitia sengaja mendatangkan dewan juri berkaliber nasional yakni 3 orang dari Komunitas Burung Jakarta, 1 orang dari Komunitas Burung Kaltim, serta sejumlah Komunitas Lokal Banjarmasin dan Marabahan.
Lomba Burung Berkicau ini diawali penyerahan kunci mobil secara simbolis dari Bupati Hj Noormiliyani kepada Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Disporbudpar Batola Gusti Ruspandi. Setelah itu dilanjutkan perlombaan yang diawali jenis burung Murai Batu Borneo.
Untuk memulai perlombaan ini panitia mempersilahkan Komandan Kodim (Dandim) 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto SE untuk menggantangkan salah satu burung yang ikut bertanding dengan disaksikan Bupati Hj Noormiliyani AS, Pj Sekda H Abdul Manaf, para anggota forkopimda lainnya, Kepala Disporbudpar, para pimpinan SKPD, masyarakat dan peserta lomba.
Dari perlombaan ini yang berhasil meraih juara I adalah burung milik Dwi peserta dari Kota Sampit, Kotim, Kalteng. Atas kemenangan ini maka Dwi pun berhak menerima hadiah uang Rp10 juta dari Bupati Noormiliyani.
Sebelumnya, saat membuka lomba Noormiliyani menyatakan apresiasi atas diselenggarakannya Festival Burung Berkicau di Batola ini. Ia menilai ajang ini sangat positif dalam memupuk persaudaraan, menyalurkan hobby serta mempererat silaturahmi khususnya antar kicau mania, di samping dapat sangat berpengaruh dalam mendatangkan kunjungan wisata dari masyarakat luar.
Mantan Ketua DPRD Provinsi berharap melalui kegiatan ini akan menumbuhkan spirit dan kreativitas para pecinta burung untuk melakukan pelestarian terutama jenis burung berasal dari Borneo yang tak kalah hebat dari pulau lainnya.
Hal yang lebih penting lagi diharapkan dengan lomba ini dapat memperkenalkan keberadaan Batola kepada peserta yang datang sambil mengenal keramahan sikap masyarakat serta potensi wisata yang ada.
Kepala Disporbudpar Batola Gusti Ruspandi mengatakan, maksud digelarnya kegiatan selain untuk memperkenalkan keberadaan Batola kepada para pendatang sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.