Komisi I Kalsel Bahas KTP-el

Komisi I DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa (05/11/2019). Kehadiran Komisi yang membidangi Hukum, Pemerintahan dan Kependudukan ini dipimpin Ketua Komisi, Hj Rachmah Norlias.
Rombongan berjumlah enam orang termasuk Sekretaris Komisi H Suripno Sumas ini didampingi Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel Irfan Sayuti. Rombongan diterima Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf, Kadisdukcapil Batola H Jakuinuddin beserta jajaran, dan SKPD terkait di aula pertemuan Pendopo Bahalap ini.
Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias mengatakan, kehadiran mereka di Batola ini dalam rangka menyerap permasalahan yang terkait pengelolaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).
Selain itu, kunjungan dilaksanakan juga dalam rangka menyikapi rencana kebijakan pembaharuan KTP-el dari Pemerintah Pusat akibat sering terjadinya kekosongan blanko bagi kabupaten/kota yang menjadi kendala dalam pemenuhan identitas maupun pengadministrasian kependudukan di Kalsel.
Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas menambahkan, belum lama ini pihaknya telah melakukan konsultasi mengkonsultasikan permasalah ini ke pihak Ditjen Dukcapil Kemendagri di Jakarta.
Dari konsultasi itu, jelas pensiunan ASN yang bergabung dengan Partai PKB tersebut, pihak Ditjen Dukcapil Pusat berjanji untuk segera menindaklanjuti serta merencanakan melakukan pembaruan e-KTP pola baru dengan menerapkan KTP seumur hidup.
Sementara bagi mereka yang masih memegang KTP lama pada saat pembuatan yang baru harus dilakukan perubahan di antaranya yang tadinya dalam status perkawinan tertulis “kawin” ditambah kata “tercatat” yang berarti perkawinan yang bersangkutan sah berdasarkan peraturan perundang-undangan kependudukan.
Sebelumnya, Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf mengatakan, Pemkab Batola melalui program-program berkelanjutan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Bentuknya, lanjut Manaf, di antaranya dengan menekankan SKPD, khususnya yang bersentuhan langsung masyarakat untuk senantiasa memaksimalkan dalam pemberian pelayanan. Pertemuan Komisi I DPRD Kalsel dengan jajaran Pemkab Batola ini juga diisi dialog dan tanya jawab.
Usai mengadakan pertemuan, rombongan dijamu makan siang di kediaman Bupati Batola serta diajak oleh Bupati Hj Noormiliyani AS menyusuri Sungai Barito di kawasan Kota Marabahan dengan menumpang speedboat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.